Mau Naik Gunung tapi flu di Hidung, Gimana dunk?

Pernah ga mengalami hal ini: pas lagi semangat traveling, tiba-tiba flu menghadang? gimana rasanya, pasti kesel bin jengkel yaps.

Itulah yang kerap kali masolo rasakan pada saat ingin trveling. Selain bisa menggangu bahkan menggagalkan perjalanan, flu yang kadang kita sepelekan ini seringkali bisa menjadi bencana besar bagi pendaki seperti saya ini. Yaps, apa jadinya kalau naik gunung tanpa persiapan fisik dan tiba-tiba flu? hmmm… bahaya…

Bagi yang belum tau, masolo memang gemar naik gunung sedari dahulu (maksudnya sewaktu jomblo dan galau..hahahha), nah sempat beberapa bulan vakum karena menjelang pernikahan, trus tiba-tiba hasrat untuk nanjak itu datang lagi, tentunya dengan mbaolo donk yah. Nah bagi teman-teman yang suka naik gunung sudah pasti tau donk apa-apa saja yang dipersiapkan. Dan sudah tentu selain persiapan barang dan uang, fisik adalah faktor penting dalam mendaki. Orang sehat saja bisa mendadak flu alias pilek di gunung, apalagi orang yang flu kan yah.

Mau Naik Gunung tapi flu di Hidung, Gimana dunk?
Mau Naik Gunung tapi flu di Hidung, Gimana dunk?

Nah kebetulan banget bertepatan dengan “World Flu Day” yang jatuh pada bulan November 2019 ini, masolo diundang untuk bincang-bincang seputar flu dan traveling. Wah tentu saja sebuah pencerahan bagi masolo yang memang sedang menyiapkan perjalanan nanjak gunung berikutnya bersama mbaolo. Mau kemana hayoo? rahasia, tunggu ajah foto-fotonya yah kan..hahahahhaha…

Mau Naik Gunung tapi flu di Hidung, Gimana dunk?

Hal penting yang dibahas pada bincang-bincang bersama dr. Suzy Maria, SpPD. yang adalah dokter Satgas Imunisasi Dewasa PB PABDI (yang cuantiikk itu lhoo) adalah mengenai pentingnya kita menjaga diri supaya menjelang keberangkatan, selama bahkan sesudah traveling tidak terkena penyakit yang namanya FLU.

Mau Naik Gunung tapi flu di Hidung, Gimana dunk?
Mau Naik Gunung tapi flu di Hidung, Gimana dunk?

Seberbahaya itukah flu? kan cuma pilek dan meler ingus ajah di hidung? bukannya sering pas kecil gegara minus es, harusnya udah tekbal donk?

Coba tebak, statement ini benar atau salah: “Tidak ada seorangpun yang tidak terkena flu di dunia ini!” benarkah? YES BENAR. Artinya adalah, tidak ada manusia yang kebal terhadap virus flu ini. Bentar…bentar…bentar… Flu? Virus? lah bukannya karena minus es atau main hujan-hujanan? tetot… anda SALAH. Sesungguhnya flu itu berasal dari sebuah virus yang bernama virus INFLUENZA, dimana virus ini tersebar di seluruh bumi, gak ada matinya 24 jam dalam seminggu dan bermutasi setiap harinya. Bahkan virus ini pun bermacam-macam bukan hanya 1 virus saja.

Mau Naik Gunung tapi flu di Hidung, Gimana dunk?
Mau Naik Gunung tapi flu di Hidung, Gimana dunk?

Nah apa hubungannya Flu sama traveling? jangan salah, influenza atu pilek adalah penyakit yang paling sering dialami selama liburan, apalagi bagi kalian yang suka nanjak gunung. Tak bisa dipungkiri bahwa di gunung suhu bisa sewaktu-waktu drop, hujan bisa sewaktu-waktu turun, badan bisa sewaktu-waktu tepar, bahaya kan? Nah oleh karena itulah dalam rangka memperingati World Flu Day, pada 24 November 2019 masolo ikut serta dalam Blogger Gathering “Bebas Flu Saat Travelling” bersama @KenapaHarusVaksin, Sanofi dan Worldwide Communications di Paradigma Cafe Jakarta. Dalam acara ini hadir juga narasumber, yakni dr. Suzy Maria, SpPD selaku Satgas Imunisasi Dewasa PB PABDI dengan berbagai kisah dan penyebab flu.

Mau Naik Gunung tapi flu di Hidung, Gimana dunk?

Okelah kita bahas satu per satu, apa penyebabnya? Jelas karena ada virus INFLUENZA yang masuk ke tubuh kita. Bukan hanya masuk saja tetapi terkadang berdiam lama di tubuh sampai waktu tertentu. Nah virus ini kerap kali menunggu badan kita lemah dulu untuk bisa langsung menyerang kita sehingga umbel alias cairan di hidung keluar deras disertai meriang. Inilah alasannya kenapa kita bisa flu kalau kita banyak minum es dan kehujanan.

Mau Naik Gunung tapi flu di Hidung, Gimana dunk?

Apakah Flu bisa ditularkan? sudah tentu. Dalam pemaparan dr. Suzy, influenza itu sangat mudah menyebar baik itu saat seseorang bersih akan ada 20.000 droplet yang dilepaskan di udara, dan ini bisa menular hingga jarak 1.8 meter. Apalagi kalau melakukan kontak langsung, influenza bisa bertahan dipermukaan hingga 48 jam dan tetap menularkan bila seseorang memegang permukaan. Bahkan penyebaran virus influenza dapat meningkat hingga 4 kali lipat pada ruangan tertutup. Wew, berbahaya banget yah.

Tapi tenang, semua itu bisa diobati bahkan dicegah. Caranya?

  • Istirahat yang cukup.
  • Minum obat.
  • Konsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi.
  • Gunakan pakaian hangat.
  • Saat batuk dan bersin, jangan lupa tutup hidung dan mulut.
  • Segera buang tissu setelah digunakan ke tempat sampah.
  • Cuci tangan dengan air dan sabun atau hand rub berbasis alkohol.
  • Gunakan masker saat bepergian, bisa KN95 atau masker dengan lapisan filter carbon active.
  • Yang paling penting adalah lakukan vaksinasi.

Yap, kamu ga salah baca, vaksinasi penting untuk traveling kenapa? sudah tentu karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Selain itu juga membuat kita menjadi orang baik dengan tidak menularkan flu kepada orang lain, pun kalau terkena, karena sudah vaksin jadinya hanya akan sakit ringan saja. Satu lagi yang paling penting adalah mencegah penyakit komplikasi yang beras seperti pneumonia.

Mau Naik Gunung tapi flu di Hidung, Gimana dunk?

Jadi, gimana menurut kalian, penting ga sih vaksin itu? ribet ga sih kalau pas mau travelling harus sakit? Daripada mengobati, mendingan mencegah! Lagian vaksin ini terjangkau kok.

Nah akhir kata, masolo mau berbagi tips untuk kalian supaya fit pada saat traveling apalagi pas nanjak gunung:

  • Vaksinasi flu minimal 2 minggu sebelum keberangkatan,
  • Bawa perlengkapan kesehatan selama perjalanan (tissue, obat pribadi dan hand sanitizer) ditambah juga perlengkapan gunung penahan dingin (jaket, sleeping bag, buff, kupluk, baju hangat dan baju kering)
  • Tutupi hidung dan batuk saat batuk dan bersin,
  • Cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer setelah menyentuh fasilitas umum (jangan jorok walaupun di alam)
  • Minum banyak air
  • dan jangan lupa doa

Selamat nanjak yah guys, salam dari sesuapnasi dan para travellers yang “Bebas Flu saat traveling.”

http://sesuapnasi.com/mau-naik-gunung-tapi-flu-di-hidung-gimana-dunk/

Mas_Olo

Berbagi dalam kesederhanaan, Bercerita dalam kegembiraan, Menyelami sebuah Inspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *