Kok Foto Hitam? Kan gelap!

Kok Foto Hitam? Kan gelap!

Akhirnya ada yang bertanya juga sama masolo tentang hal ini: “Kok foto masolo hitam? ga bagusan putih ajah? terlihat lebih cerah dan bagus lho..”

Foto hitam yang dimaksud adalah foto dengan background hitam, atau cenderung gelap. Nah sebelum masuk lebih dalam lagi, mari kita berkenalan dengan foto hitam ini, nama kerennya adalah Dark Mood Photography, pengembangan dari jepretan tipe lowkey atau low light. Penasaran? mari kita bahas.

Kok Foto Hitam? Kan gelap!
Karya darkmood yg paling masolo suka

Jadi awalnya masolo menyukai foto hitam ini adalah karena sebuah postingan foto yang berhasil memukau mata masolo karena benar-benar terlihat seperti melukis cahaya. Ada seberkas cahaya masuk yang tepat mengenai objek yang ingin dilihat/difokuskan. Foto tersebut mengubah semua sudut pandang masolo tentang sebuah foto: foto itu ga harus terang, ga harus banyak properti cantik supaya mengundang selera. Thanks to kak Done.to.eat

Kok Foto Hitam? Kan gelap!
Ini foto yg membuat masolo tergila-gila pada foto hitam

Dari perkenalan itulah masolo tergila-gila dengan yang namanya dark mood photography, terutama yg temanya food alias makanan. Buka youtube untuk tau tutorialnya, mengikuti hastag tertentu untuk mendapatkan contoh dan insight mengenai foto-foto hitam dan gelap yang bagus. Belajar komposisi dari pintarest, untuk tau mana posisi yg mantap. Ikut seminar online, aktif tanya di live ig fotografer handal, dan yg jelas harus dilakukan adalah mencoba motret sendiri.

Ini adalah foto darkmood pertama masolo sekaligus jadi klien pertama. Thanks to Kantin Ci Elly

Percayalah, motret foto hitam ini tidaklah murah, udah gitu kalau dari tutorial youtube, investasi yg dikeluarkan sungguh amat mahal: mulai dari lighting yg butuh lebih dari satu, cardboard berwarna hitam legam, difuser buat menyebarkan sekaligus mengatur cahaya masuk dan keluar sampai background dan props yg nilainya tidak murah. Duh gimana donk, masolo kan lagi berhemat banget ini pasca resign, masa iyah dana darurat harus habis karena beli ina itu, bisa dijambak istri klo begini..hahahhaha..

Memang Tuhan Mahabaik, dia beri akal pikirian dan kreatifitas sendiri untuk berkarya. Dalam benak masolo, berkarya tidak perlu mahal, dengan alat seadanya tetap harus bisa maksimal. Dan hoopla, ternyata ada donk kotak bekas event dan hadiah yg berwarna hitam legam. Yaps, itulah yang akan menjadi background hitam foto masolo. Berbekal kamera setia Nikon D5200+35 mm lensa fix, saatnya kita berkarya.

Kok Foto Hitam? Kan gelap!
kotak inilah yg pertama kali masolo jadikan background hitam

Ternyata melukis cahaya tidak semudah kelihatannya, harus ada beberapa faktor yang diperhatikan karena masolo menggunakan cahaya alami yaitu matahari. Jam berapa matahari memancarkan cahaya bagus, dimana letak si cahaya, gimana cara atur cahaya masuk dan keluar, posisi dan komposisi si model dan properti sederhana, itu yang menjadi kunci utama suksesnya foto hitam ini. Kendala terbesar terjadi kalau lagi hujan, ambyar deh pokoknya…hahahha… batal motret, lanjut kemulan lagi.

Kok Foto Hitam? Kan gelap!
Seni melukis cahaya

Puji Tuhan semakin ke sini, semakin banyak model berdatangan untuk antri di foto. Klo biasanya model ditaro di ruang makeup atau wardrobe, nah modelnya masolo ini ditaro dikulkas biar awet. Maklum jadwal foto semakin padat, jadi harus diawetin dulu model itu biar terlihat apik dan menarik. Kendala lainnya datang, yaitu permukaan kotak tidak cukup besar untuk memuat banyak makanan, alhasil fotonya jadi gitu-gitu ajah, belom lagi karena alasnya dari box yah permukaannya kurang berseni.

Putar otak lagi, apa yg bisa dijadikan background, berusaha mencari barang yang ada di rumah tanpa perlu membeli, dah hoplaaah, datanglah ide menggunakan meja tamu yg warnanya sudah hitam. Yaps, tinggal dibuang pernak-pernik pasir ala-alanya, dicopot kacanya, jadi deh sebuah background yang baru.

Kok Foto Hitam? Kan gelap!
Sekarang backgroundnya pake meja ini, nah kotaknya buat jadj pengatur cahaya gitu deh
Kok Foto Hitam? Kan gelap!
cahaya utamanya yah si matahari dari itu jendela

Puas? kadang iya kadang juga belum, tapi itulah kan intinya: jangan cepat merasa puas. Kalau kata Steve Job sang pendiri apple: Stay Hungry Stay Foolish. Harus terus merasa lapar dan bego supaya kita mau terus untuk belajar tanpa henti. Kunci utama dari dark mood ini adalah estetika dan melukis cahaya. Tapi juga jangan lupa bahwa yang difoto adalah makanan, jadi harus tetap bisa membuat selera makan timbul bagi siapapun yg melihatnya.

Kok Foto Hitam? Kan gelap!
bikin selera makan ga klo gini fotonya?

Masukan demi masukan datang berganti, dan masolo selalu menghargai setiap masukan dari teman apalagi dari orang yang masolo anggap suhu. Karena masukan bagi mereka menunjukan 2 hal, satu kepedulian mereka terhadap masolo, dan kepedulian mereka terhadap karya masolo. Ada masukan yang bilang masih kegelapan fotonya, ada masukan yang bilang kurang tajem gambarnya, ada masukan yg bilang lebih baik jangan main hitam klo makanan karena kurang ceria moodnya, ada juga masukan yang bilang fotonya unik.

Kok Foto Hitam? Kan gelap!
coba motret makanan sejuta umat
Kok Foto Hitam? Kan gelap!
klo gini udah cukup ceria belum moodnya?

Yang jelas, masolo masih newbi dalam hal ini, masih butuh banyak belajar, mendapat masukan bahkan kritikan. Karena kembali lagi seperti kata mbah Steve: Stay Hungry, Stay Foolish; masolo harus tetap merasa lapar, merasa bego sehingga harus belajar. Eh iyah ada satu yg mungkin mbah Steve lupa, Stay Humble alias selalu rendah hati. Jadilah jargon masolo begini: Stay Hungry, Stay Foolish, Stay Humble.

Kok Foto Hitam? Kan gelap!
salah satu foto terdabest yang ternyata ini usaha emaknya Raffi Ahmad, asli baru tau..hahahha..

Semoga karya dan tulisan masolo baik di blog maupun di instagram bisa menginspirasi. Silahkan lho kalau ada masukan lebih lagi.

Salam Inspirasi
Sesuapnasi

10 thoughts on “Kok Foto Hitam? Kan gelap!

  1. ide yang sangat briliant…masolo, btw kalau kamera Hp bisa d akalin gak utk dark mood nya hahahaha,,,, soalnya gw cuma punya kamera yang nyantel di Hp doang nih…hihi

  2. Masalah warna emang iya sih, dulu waktu harus review makeup dan skincare. Aku berjuang banget gimana supaya bisa fotonya super terang. Tapi sekarang setelah jd auka fotoin makanan.. Aku belajar, ternyata ga cuma foto dengan cahaya yg terang yg terlihat bagus. Makasi ya masolo, uda share info dan ilmu nya. Sukses terussss

  3. Aku tu jg suka kok liat dark mood photography. Tp blm ada jalan kesana, skrg masi demen ama yg terang2 dan lg demen ama yg pastel2 tone. Cm kalo pindah haluan aku kayaknya mesti modal lg beli props2 nya ūü§£, tp teruslah berkarya masolo. With your own style

  4. aku senang liat foto2 latar hitam untuk makanan, jadi apa ya, kelihatan lebih berseni gtu karena proses nya juga dapatkan foto yang bagus ga mudah. Foto2 nya keren banget

  5. Mungkin ini masalah kesukaan kali ya mas. Padahal kalau aku cermati, justru foto dengan memperbanyak unsur warna hitam itu keren banget. Aku malah pengen bisa punya skill fotografi kayak njenengan.

  6. Aku juga beberapa waktu terakhir suka background gelap. Sampe dikomenin temen juga karena demen gelap-gelapan hehehe
    Artistik sih menurutku
    Tapi aku biasanya ngakalin dengan ngedit pakai aplikasi buat dapetin nuansa gelap yang diinginkan

    Btw foto di atas cakep-cakep semua
    Sudut pandang dengan memasukkan seberkas cahaya itu bagus banget
    Kapan-kapan aku mau nyontek ya kakak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *