Corona, Kita bisa apa?

Corona, Kita Bisa Apa?

Masih mengenai pandemi Corona, masih juga mengenai kecemasan dan kekhawatiran terus bertambahnya masyarakat yang terjangkit virus COVID-19 ini. apa yang kita bisa? Kita bisa apa?

Hai konco-konco kabeh, piye kabare apik-apik? masih patuh untuk berada di rumah saja kan? masih setia untuk berdoa bagi kondisi Indonesia kan? masih tetap percaya bahwa pandemi ini pasti akan berlalu kan?

Atau diantara kalian sudah ada yang menyerah kepada keadaan? mulai bosan hanya dengan di rumah saja? menjadi cemas karena updatenya virus COVID 19 sudah menjangkiti 1000-an lebih di Indonesia?

Royalty-Free Don't Give up Stock Images, Photos & Vectors ...

Lagi-lagi masolo akan bertanya diri sendiri, kita bisa apa? kontribusi nyata apa yang bisa kita berikan bagi negeri tercinta ini, minimal bagi lingkungan kita, keluarga kita, atau pasangan kita? banyak kok, banyak hal yang bisa kita lakukan, mungkin saja belum terpikirkan oleh kalian, atau sudah terpikirkan tapi belum ada niat terkumpul untuk menjalankan, yuk kita sama-sama motivasi diri untuk menjadi Inspirasi. Hal-hal positif apa saja yang bisa kita lakukan sebagai manusia di tengah Corona?

SATU: KITA BISA MEMBANTU PEMERINTAH DENGAN TETAP #DIRUMAHAJAH

Sudah berapa hari di rumahnya? sudah mulai bosankah? sudah mulai lelahkah? sudah mulai jengahkah? pesan masolo cuma satu: TETAP BERTAHAN. Sebentar lagi, tahan, sejenak lagi. Kita bisa berjuang bersama untuk bisa memutus mata rantai penyebaran virus ini dengan tetap di rumah saja. Plis bantu motivasi diri dan orang terdekat kita untuk patuhi anjuran yang sudah diberikan yaitu #Diirumahajadulu untuk jangka waktu yang mungkin tidak pasti, tapi masolo yakin kita pasti bisa melaluinya. Banyak hal yang bisa dilakukan di rumah selain rebahan kok. Toh kalaupun kita tergoda untuk rebahan, inilah saatnya KAUM REBAHAN menyelamatkan dunia dengan TETAP REBAHAN di rumah saja, setuju 🙂

SOCIAL DISTANCING - PENTINGNYA DI RUMAH AJA (CORONA BUKAN BERITA ...

DUA: MENJADI OPTIMIS DAN POSITIF DENGAN #BERSYUKURMASIHBISA

Hal yang perlu kita lakukan juga adalah tetap memiliki semangat optimis dan positif bahwa badai ini akan segera berlalu. Sudah banyak beberapa cerita dari teman yang melihat berita dan media sosial akhir-akhir ini bukan membuat semakin tenang tapi justru semakin panik dan parnoan. Setiap hari ada saja berita negatif tentang virus ini setiap hari ada saja angka bertambah yang semakin memperparah kondisi jiwa. Ujung-ujungnya kecemasan berlebihan yang bisa berakibat pada kondisi psikis dan fisik kita juga loh. Pernah ga pas denger berita tentang corona, mendadak tenggorokan kita menjadi gatel, badan jadi agak meriang-meriang, mendadak pusing dan mual? nah itu dia, kondisi dimana fisik kita terdampak kepada kondisi jiwa kita, setereeess klo kata amang-amang lapo.

Bagiku luar biasa trio parlapo - YouTube
kata amang lapo: Jangan Kau setereeeeesssss!!! Mari Bernyanyi

Cara ampuh yang bisa kita lakukan menghadapin kondisi stress ini adalah dengan bersyukur. Nah lho, orang seteres malah disuruh bersyukur, pegimana sih mas’e..hahahha.. Eh beneran ini, bersyukur adalah detoks alami yang bisa membuat hal-hal dan aura negatif dengan cara menggantinya dengan hal positif yang bisa kita tuliskan dalam hidup ini. Masih susah juga buat bersykur? coba liat kaca, bersyukur untuk apa yang ada di kaca tersebut: badan yang masih sehat, masih bisa beraktifitas, masih bisa bernafas dengan bebas tanpa ventilator, masih bisa makan sampe 4 kali sehari, masih bisa gajian, masih bisa nyanyi-nyanyi, masih bisa tik-tok-an, masih bisa bikin konten, dan lainnya. Kalau belum cukup juga, coba liat smartphone-mu, bersyukur masih ada pulsa dan paket data atau wifi untuk bisa menghubungi orang-orang terkasih. Bersyukur masih punya orang terkasih, bersyukur orang-orang terkasih masih sehat dan dijaga Yang Maha Kuasa. Masih selum bisa bersyukur juga? monggo cek rekening BCA/Jenius-mu atau saldo OVO/GOPAY/SHOPEE-PAY mu, masih ada duit di sana? nah bersyukur akan hal itu.

Masolo coba memulai gerakan bersyukur ini dari diri sendiri dahulu di twitter dengan tagar #Bersyukurmasihbisa tujuannya untuk menuliskan hal-hal yang masih bisa kita lakukan di tengah pandemi ini yang harusnya bisa menjadi hal positif dan rasa syukur kita. Penyebabnya sebenarnya adalah sebuah kejadian yang tak sengaja masolo dengar, tentang keluhan gaji yang dipotong oleh pajak, ditengah kondisi banyak pegawai yang gajinya dipending, gajinya dipotong setengah, atau dibayarkan gajinya full tapi disudahi masa tugasnya, atau bahkan yang tak digaji dan dirumahkan sekaligus. Miris dan sedih yah, yang lebih sedih, masih ada saja orang yang tak bersyukur di tengah kondisi ini.

Percayalah, bersyukur itu memiliki 2 mata pedang: satu untuk melindungi diri dari segala hal negatif yang bikin imun badan kita drop sekaligus juga mengingatkan kita bahwa seburuk-buruknya kondisi kita, masih ada orang lain yang kondisinya jauh lebih buruk dari kita, yah contohnya hal di atas yang masolo tulis. Coba yuk kita mulai tulis hal-hal apa yang kita syukuri, pakai tagar #Bersyukurmasihbisa yah supaya kita diingatkan sekaligus mengingatkan, mau? mari…

TIGA: BERGERAK, BERDAMPAK DARI HAL SEDERHANA

Sudah baca tulisan masolo mengenai “Masih ada nasi telor ceplok?” atau mungkin sudah ada yang melihat video singkatnya mas Edward “nasi telor ceplok?” apa yang kalian dapatkan di sana? klo masolo mendadak hati menjadi haru dan tergerak untuk bergerak.

Bergerak kemana? kan kita harus #DirumahAja om? Eits, yang bergerak itu hatinya, melalui hal sederhana namun bermakna. Dimulai dengan jari dan gadgetmu, apa yang bisa dilakukan?

Bisa Berdonasi melalui ini: Untuk Para Tenaga Medis
Laporan Hasil Donasi, Belanjanya apa saja.. Jadi jangan takut untuk berdonasi melalui ini, berapapun diterima kok asalkan ikhlas 🙂

Seharian ini jempol masolo tak berhenti bergerak naik dan turun, melihat stories instagram dipenuhi oleh hal-hal positif yang menginspirasi, baik itu dari influencer maupun orang biasa. Beberapa hal yang akan masolo bagikan di sini untuk bisa semakin menggetarkan sanubari kita.

Mba Pungky, Salah Satu KOL yang ada di daerah Purwokerto, dia sudah lebih dahulu bergerak nyata, simak storiesnya di IG @pungkyprayitno
Salah satu Influencer idola masolo, yang humble dan enak diajak kerja sama, difoto ini dia akan menyumbangkan seluruh masker yang dia punya dan beli dari Jepang dengan cuma-cuma. Yaps, disumbangkan, bukannya dijual. Silahkan dikepoin IG @sisi.asih

Siapapun mereka, mereka memulai untuk tergerak dan bergerak, dari hal-hal sederhana, dengan membagikan inspirasi dan manfaat bagi sekitarnya. Caranya? lihat kedua tanganmu, apapun yang kedua tanganmu bisa lakukan dan yang terpikirkan pertama dipikiran kamu saat ini, lakukan! entah itu berdonasi melalui kanal-kanal yang sudah terbuka luas, menyumbangkan masker atau peralatan kesehatan yang kamu punya, berbagi sembako, atau sekedar memesankan makan siang untuk para pejuang yang masih harus turun ke jalan untuk memenuhi kebutuhan harian (dibaca:OJOL)

Melalui tulisan ini, masolo diajak sekaligus mengajak untuk siapapun yang membaca yuk kita mulai gerakan sederhana ini #MakansianguntukOJOL caranya sederhana kok:

1. Buka aplikasi go-food/grab food

2. Pesan makanan apa saja yang mengenyangkan (contohnya nasi padang, nasi goreng, nasi uduk, nasi KAEFCI, dll)

3. Pilih menu bayarnya pakai OVO/GOPAY yah

4. Order dan tunggu babang/mba OJOL-nya chat kalian tanya alamat detail

5. Balas Chatnya dengan bilang “Makanannya tidak usah diantar mas, itu buat makan siang masnya saja, untuk pejuang keluarga yang belum bisa Work From Home, Semangat…”

6. Dan bagian terpentingnya adalah HARUS IKHLAS

7. Jangan lupa share di IG Storiesmu dengan hastag #MakanSianguntukOJOL, bukan untuk tujuan pamer, tapi untuk bisa menjadi Inspirasi bagi para followersmu untuk bisa berbuat kebaikan dari hal sederhana. Satu kebaikan akan melahirkan kebaikan lainnya PAY IT FORWARD.

Per hari ini, masolo sudah melakukan apa yang masolo tulis #MakanSiangUntukOJOL yuk kita bergerak bersama

Sederhana kan? mudah kan? kalau iya, yuk kita coba mulai besok siang, lusa siang, dan siang-siang yang lainnya, supaya para OJOL tetap bisa semangat di tengah pandemi ini.

Jadi kembali lagi, ditengah pandemi Corona ini, kita bisa apa? banyak hal sebenarnya, tapi biarlah ketiga poin yang masolo sampaikan diatas bisa mewakili hal-hal yang bisa kita lakukan di tengah pandemi ini. Ingat untuk tetap #Dirumaaja, hilangkan hal-hal negatif dari dalam badan kita dengan #Bersyukurmasihbisa dan juga sedikit berbuat kebaikan dengan #MakansianguntukOJOL

Kita bisa apa? banyak hal. Pertanyaanya adalah apa kita bisa? apa kita mau? kapan mulai untuk mencoba? SEKARANG JAWABNYA.

Salam Inspirasi,

Sesuapnasi.

12 thoughts on “Corona, Kita bisa apa?

    1. Yes kak, saatnya kita memulihkan humanity di tengah pandemi… Berbuay sederhana tapi bermakna bagi semua, terutama babanh OJOLnya.. Yuk ikut gerakan #MakanSiangUntukOJOL

  1. Dengan gerakan sederhana bisa membantu banyak orang ya. Emang harus selalu bersyukur dalam setiap kondisi. Apalagi saat Pandemi seperti ini. Tiap orang bisa membantu juga semampunya

    1. Yes mas setuju, hal sederhana kalau dilakukan dengan hati akan berdampak yah… Kata kuncinya berawal dari bersyukur dulu sih, lalu beredia menjadi bahagia dengan membahagiakan orang lain.

      Terima kasih sudah ikut berpartisipasi yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *