#CeritaTeman: Ada apa sih di Mesir?

“Ada apa sih di Mesir selain Piramida, Sphinx dan Lautan Pasir?”

Ini adalah salah satu pertanyaan yang masolo ajukan kepada kawan yang baru pulang dari perjalanan rohani #DEHAJournal selama 11 hari ke holyland. Nah ternyata, sebelum ke holyland, dia mampir dulu ke Mesir. Iyah, Mesir yang terkenal dengan padang pasir yang cukup luas itu ternyata menyimpan banyak cerita, sejarah dan bahkan perjalanan Iman di dalamnya.

#DEHAJOURNAL Explore Kairo
Explore Kairo

“Masolo, aku juga baru tau, ternyata Mesir itu ga melulu Piramida, Patung Sphinx dan Pasir doank lho, banyak banget yang bisa dikunjungi di sana.” Begitu cerita kawan masolo dengan penuh semangat. 

“Okeh, sekarang masolo pesen dulu yah teh tarik bin tubruknya, buat teman cerita aku, dijamin bakalan seru deh, okeh…okeh…okeh…” Tambahnya dengan penuh semangat.

Sebagai travelblogger jadi-jadian yang paling banter cuma muterin Bogor-Bandung-Jakarta, sudah tentu masolo penasaran, ada apa ajah sih di Mesir itu, negara yang masolo tau faktanya cuma dua yaitu negara penuh pasir dan negara yang pertama kali mengakui kedaulatan Indonesia (tuh kan keren kan pengetahuan sejarah masolo, sapa dulu guru SMA-nya, MR. Joko, hahahahha….)

Okelah, daripada berlama-lama menunggu teh tarik bin tubruk jadi, marilah kita dengan cerita teman masolo yang berinisial XXX ini, begini ceritanya (bahasa menggunakan intonasi si MR. XXX ini yah:

“Jadi tuh yah, gw pikir gw bakalan langsung terbang ke Tanah Suci, eh ternyata mampir dulu ke Mesir. Dalam hati kecil gw yang ga kecil-kecil amat, ngapain juga mendarat di tempat yang super panas dan berdebu macam Mesir ini. Apalagi kan pernah denger beritanya yang super heboh dimana negara ini hampir kolabs karena kerusuhan yang hebat kan tuh. Ngeri malahan yang ada kena pukulan nyasar.”

#DEHAJOURNAL Explore Kairo
Ceritanya temen masolo ikutan trip ini

“Mendaratlah pesawat di Mesir, yang panas sepanas hati gw yang sedari tadi duduk di pesawat kelelahan. Mesir yang gw tau hanyalah sederetan pasir yang bikin sesak dan batuk. Ah palingan cuma ada Piramida yang di film “The Mummy Return” yang adalah makam raja-raja tempo dulu. Ngapain juga jauh-jauh mengunjungi makam, di pondok rangon ajah bisa kok.” 

“Gerutu pertama belum habis, eh ternyata kita udah disuruh turun pesawat. Beruntung di Bandara masih ada AC, dan benar adanya begitu keluar menuju jalan Mesir itu puanasssnya pool, ga ada baik-baiknya sama kulit, menyedihkan…hhahhahahha… Agaknya guidenya melihat kegundahan hati gw dimana akhirnya dia baik-baikin gw dengan kasih minum dan topi.”

“Sedikit air menenangkan hati, yah masa udah bayar mahal tapi ga menikmati perjalanan kan, okelah gw harus mengademkan hati, supaya travelingnya bisa puas.”

Perjalanan Pertama: Kenalan dengan Papyrus

#DEHAJOURNAL Explore Kairo
Menjelajah Museum papyrus

“Perjalanan pertama kami bukanlah menuju piramida, tapi adalah Institute of Papyrus, wow, ini apa? Sebagai travelers yang kurang baca dan ga doyan sejarah, tentunya ga tau banget bahwa ada destinasi ini di ittinery kami. Mungkin ada sebenarnya, tapi yah gitu karena males baca jadilah di skip. Sedikit tanya-tanya guide yang sedari tadi gw jutekin, ternyata ini toh asal muasal Buku tertua umat Kristiani ditemukan, dan bahannya dari Papyrus, wow keuren.”

“Gw pun dibuat takjub dengan cerita pembuatan Alkitab. Buku tertua di dunia dan yang sampai saat ini masih dipakai ternyata memiliki kisah yang unik juga. Pada awal abad ke-20, pakar dari University of Oxford bernama Bernard P. Grenfell dan Arthur S. Hunt berkunjung ke Mesir. Di sana, mereka menemukan potongan-potongan papirus di tumpukan sampah dekat Lembah Nil.” 

“Berdasarkan cerita guidenya papirus atau papyrus adalah sejenis tanaman air yang dikenal sebagai bahan untuk membuat kertas pada zaman kuno. Tanaman ini umumnya dijumpai di tepi dan lembah Sungai Nil. Kira-kira 3500 SM, bangsa Mesir Kuno sudah memanfaatkan papyrus. Wah ini sih info menarik dan ga disangka-sangka. Ealaah, Mesir ternyata puny sejarah keren seperti ini juga yah, menarik banget.”

Lanjut ke Tempat Kedua: Tempat Pelarian Keluarga Kudus

“……Lanjut ke tempat kedua, dikirain akan langsung dibawa ke Piramida, cekrek sana cekrek sini trus istirahat di Hotel. TERNYATA TIDAK!!! Tempat kedua ini dimulai dengan kisah sedih, sebuah pembantaian/pembunuhan bayi masal yang kisahnya tertulis jelas di Alkitab. Kisah yang menyeramkan dibalik kabar sukacita. Gw baru tau bahwa dibalik kabar sukacita mengenai kelahiran Sang RAJA, JURUSELAMAT dan TUHAN bagi umat Nasrani, Yesus Kristus ternyata membuat marah Raja Herodes.”

#DEHAJOURNAL Explore Kairo

#DEHAJOURNAL Explore Kairo

“Ceritanya Raja Herodes memerintahkan untuk melakukan pembunuhan masal bayi yang ada di Yerusalem dan sekitarnya. Untungnya Bunda Maria dan Santo Yoseph diperingatkan untuk mengungsi ke mesir agar selamat dari pembunuan masal itu. Nah ternyata, sejarah pengungsian keluarga kudus saat dikejar Herodes tercatat juga di Mesis, tepatnya di Gereja Abu Serga. Wah ini sih namanya jadi belajar sejarah sekaligus diingatkan mengenai kisah kelahiran Tuhan Yesus, seru banget yah ternyata.”

Kisah ketiga: Diambil dari AIR

#DEHAJOURNAL Explore Kairo
Tempat Kisah MUSA diceritakan

“Apa yang diambil dari air? Masih ingat nama Nabi Musa yang artinya “Diambil dari Air”? Kisah ini terjadi di Sinagoga Ben Ezra, tempat dimana Musa diambil oleh putri Firaun dari sungai Nil. Sama halnya dengan kisah pembantaian massal para bayi di Jaman Yesus, hal yang sama juga terjadi di Jaman Musa, sehingga ibu Musa harus menyelamatkan bayinya dengan ditaru di sungai nil dengan harapan bisa selamat. Ternyata, dengan pertolongan dari Allah, bayi tersebut selamat di tangan putrid Firaun untuk menjadi penyelamat bangsa Israel. Lagi-lagi gw hanya melongo mendengar penjelasan dan kisah hebat ini dari sang guide.”

Kisah Keempat: Gereja Sampah

#DEHAJOURNAL Explore Kairo
Gereja Sampah

“Kisah ini yang paling seru menurut gw, yang bikin mata gw sampai berkaca-kaca, kisah tentang kebaikan hati yang menyentuh hati. Pernah mendengar mengenai gereja sampah (Simon The Tanner Church) yang biasa disebut dengan Gereja Mukjizat karena menjadi “bau harum” bagi belasan ribu pemulung yang hidup di sana. Tersembunyi di balik pemukiman kumuh di Mesir, terdapat sebuah gereja yang disebut dengan Gereja Sampah. Penamaan itu melihat letaknya yang tidak jauh dari pemukiman kumuh. Adapun nama lainnya adalah Simon The Tanner Church. Simon The Tanner sendiri adalah seorang santo yang hidup pada jaman itu yang juga merupakan seorang penyamak kulit. Pemberian nama gereja ini memang didedikasikan untuk Santo Simon yang telah rela mengabdikan hidupnya untuk kaum di sana. Asli sedih dan bikin haru banget yah.”

#DEHAJOURNAL Explore Kairo

Masolo yang sedari tadi melongo mendengar kisah dari si XXX tiba-tiba dikagetkan sama suara kenceng:

“oooiitttt masolo, dengerin cerita gw ga sih lw… oiiittt bengon baeee!!!” teriak si XXX.

“Eee….buset dah, ngagetin ajah, ini gw dengerin sembari ngebayangin tau!!” gerutu masolo yang masih kaget karena suara kenceng si XXX

Yap, memang masolo sempat takjub sekaligus haru mendengar kisah perjalannya. Ternyata Mesir punya begitu banyak cerita yang bisa menggugah emosi sekaligus menambah pengalaman iman. Jadi pingin ke sana deh rasanya, apalagi nyatanya, setelah menikmati ziarah rohani itu, temen masolo yang tadinya urak-urakan kini menjadi alim se alim-alimnya. Keren yah, katanya sih dia disadarkan dan diubahkan dalam perjalanan iman yang diberi tagar #DEHAJournal. Yah semoga perubahannya bersifat permanen deh yah..hahahahha…

#DEHAJOURNAL Explore Kairo
Quote of the day

Satu hal yang masolo pelajari, ternyata sebuah perjalanan sederhana bisa menjadi perjalanan iman bagi seseorang, yang tadinya sinis bin skeptis, kini menjadi takjub dan terkagum-kagum. Masolo yakin ini semua karena campur tangan Tuhan juga, dan adanya #DEHAJournal ini sangat membantu untuk mencerahkan iman sekaligus memberikan kita pelajaran sejarah. Seru yah.

Yah semoga akan banyak yang kembali menemukan arti kasih dan perjumpaan pribadi dengan Tuhan Yesus setelah mengalami perjalanan rohani ini. Salud buat DEHA TOURS yang telah berinisiatif untuk menjadikan perjalanan ini adalah sebuah perjalanan iman bagi yang ikut. Keuuuuurennnnnnn……

Salam Inspirasi,

Sesuapnasi

Mas_Olo

Berbagi dalam kesederhanaan, Bercerita dalam kegembiraan, Menyelami sebuah Inspirasi.

One thought on “#CeritaTeman: Ada apa sih di Mesir?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *