IDEA: Mau Kuliah ke Luar Negeri?

Kalau ditanya apakah mau kuliah ke luar negeri untuk menuntut ilmu atau tidak, masolo memilih jawaban untuk TIDAK. Kenapa tidak? karena masolo sudah keburu takut, minder dan merasa tidak mampu duluan. Tidak mampu untuk bersaing dengan mahasiswa di luar sana, minder karena sudah berumur alias sudah tua, takut karena biayanya pasti setinggi langit deh untuk kuliah ke luar negeri. Padahal sedari dulu masolo kerap kali mendengar peribahasa yang berbunyi “Tuntutlah ilmu setinggi mungkin, kalau perlu ke negeri cina!”

IDEA: Mau Kuliah Ke Luar Negeri?
sumber: Flickr

Siapa yang senasib dengan masolo? terpaksa harus menggigit jari ketika pertanyaan “mau kuliah ke luar negeri?” diajukan karena sudah keburu takut, minder dan merasa sudah bukan waktunya lagi, hmmmmm… masolo yakin pasti banyak nih yah, banyak impian yang kandas karena rasa takut.

Paling tidak ada beberapa hal yang membuat masolo merasa takut untuk kuliah ke luar negeri, beberapa diantaranya akan masolo jabarkan disini, cukup banyak, dan mungkin menjadi ketakutan umum di kalangan para pemimpi sehingga layak disebut sebagai sebuah mitos ketakutan. Apa saja sih mitos tersebut? berikut mitosnya:

IDEA: Mau Kuliah Ke Luar Negeri?
Sumber: instagram.com/ideainstitut/

Pertama sudah tentu karena ini mimpi yang terlalu terlambat bagi masolo. Kenapa terlambat? karena masolo sudah berumur 30 tahun, sudah memiliki istri dan sudah mulai membangun rumah tangga dan mimpi bersama. Nah lho, memangnya orang yang sudah kepala 3 dan sudah menikah ga boleh bermimpi kuliah lagi ke luar negeri? hahahahha…. bukannya ga boleh, tapi rasa-rasanya kok sudah terlalu terlambat saja yah, harusnya kan dari dulu-dulu ajah gitu, alhasi mimpi untuk kuliah ke luar negeri harus masolo kubur dalam-dalam deh.

Alasan kedua adalah karena mitos yang beredar di kalangan masyarakat bahwa kuliah di luar negeri itu mahalnya bukan main. Mulai dari biaya persiapannya, lalu biaya keberangkatannya menuju ke sana, biaya hidup selama di sana, biaya untuk bergaul, biaya entertaiment (alias biaya foya-foya) belom lagi biaya kuliahnya. Hmmmm… ga kebayang akan menghabiskan berapa banyak uang untuk mengenyam pendidikan selama 3 tahun di sana (1 tahun ajah mikir apalagi ini 3 tahun yah).

Yang terakhir dan yang paling ditakuti oleh seluruh anak dan orang tua di Indonesia adalah tingkat kriminalitas di luar negeri yang cukup tinggi ditambah dengan gaya hidup bebas yang bisa membahayakan bagi masa depan si anak. Yah mau gimana yah, masolo kan orangnya polos-polos gitu, mudah tergoda dan mudah diajak. Makanya takut banget masolo kebawa pergaulan yang negatif gitu.

Itu baru 3 dari sekian banyak ketakutan yang bikin masolo menguburkan mimpi untuk kuliah ke luar negeri. Andaikata ada 100 anak negeri yang berpikiran sama dengan masolo, wah bisa kebayang kan berapa banyak calon founders, entrepreneurs, owners, leaders yang pada akhirnya hanya menjadi pekerja biasa tanpa tau apa mimpi dan masa depannya karena harus mengubur dalam-dalam keinginannya untuk ke luar negeri. Padahal dibalik itu ada banyak manfaat lho yang bisa kita peroleh dengan kita kuliah ke luar negeri, berikut manfaatnya:

IDEA: Mau Kuliah Ke Luar Negeri?
Sumber: instagram.com/ideainstitut/
  1. Membentuk karakter yang mandiri dan mampu berjuang hidup,
  2. Kemampuan bahasa asing akan meningkat,
  3. Pas liburan bisa traveling untuk meng-explore daerah sekitar kampus,
  4. Dapat berkenalan dan berkumpul dengan mahasiswa Indonesia yang berprestasi di sana,
  5. Bisa mengenal, menyaksikan langsung dan mempelajaribudaya lokal yang ada di sana,
  6. Networking yang luas, bahkan antar negara dan antar benua,
  7. Mendapatkan akses khusus membaca buku langka dan belajar dari profesor dan dosen yang hebat,
  8. Memiliki nilai jual sendiri di mata perusahaan,
  9. Lebih cepat diterima kerja di perusahaan multinasional,
  10. Ada pilihan untuk menjadi entrepeneur atau menjadi founder startup.

Nah kalau kita lebih fokus ke manfaat yang diperoleh daripada ketakutan yang belum terbukti, tentunya kita bisa terus mengejar mimpi itu sampai ke luar negeri. Sebenarnya agak telat masolo berkenalan dengan yang namanya IDEA INSTITUTE dimana ia hadir sebagai kawan/sahabat/partner teman-teman yang ingin mengejar mimpi untuk kuliah ke luar negeri terutama ke Jerman. IDEA INSTITUT dengan senang hati membantu serta menfasilitasi segala keperluan yang harus dipersiapkan untuk mimpi tersebut. Tujuannya supaya teman-teman tidak perlu takut, repot atau merasa stres dalam mempersiapkan diri untuk mengejar mimpi dengan kuliah di luar negeri.

IDEA: Mau Kuliah Ke Luar Negeri?
Sumber: instagram.com/ideainstitut/

IDEA Institute melalui campaign yang sedang dijalankan di instagramnya #BeraniBercita berusaha untuk menyebarluaskan semangat supaya terus berani bermimpi melalui persepsi baru yaitu mengabaikan mitos yang beredar dan melihat manfaat yang diperoleh jika kita berani megambil langkah untuk kuliah ke luar negeri. Mitos akan dipatahkan dengan membukakan fakta dan opini dari teman-teman yang pernah kuliah ke luar negeri, sedangkan manfaatpun juga dirasa perlu diceritakan untuk menghilangkan ketakutan yang menghadang.

Ada beberapa program yang IDEA Institute persiapkan bagi kita-kita yang ingin kuliah ke luar negeri dengan fokusnya adalah negara Jerman:

  1. STUDY IN GERMAN : Program persiapan untuk kuliah ke Jerman bekerja sama dengan Freshman Institute. Program ini dimulai dengan tes masuk untuk kuliah di Jerman, persiapan administrasi untuk kuliah di Jerman, serta penempatan langsung di Jurusan dan kampus yang dituju.
  2. STUDY & WORK In GERMAN: Program yang ditujukan untuk para sarjana (S1) lulusan dalam negeri yang ingin memperoleh kesempatan dan peluang untuk melanjutkan studi S2 keluar negeri sambil bekerja dengan pembiayaan mandiri dan peluang karir yang lebih besar di luar negeri, terutama di Jerman.
  3. Study Tour Europe : Program “Hand on Science Experience” liburan sekaligus menikmati rasanya belajar dan kuliah di eropa. Langsung praktik bersama tenaga pengajar dan dosen di sana, menikmati bagaimana Science itu menarik dan enak untuk dipelajari.

Wah, coba sedari dahulu masolo kenal sama IDEA, jadi nyesel lagi kan. Eh tapi tenang, ternyata ada juga loh program untuk S2 ke luar negeri yang bisa diambil oleh teman-teman (termasuk masolo) yang sudah lulus S1 dan mungkin sedang bekerja menjadi staff di sebuah perusahaan. Yah tentunya harus memilih untuk meninggalkan kantor tercinta untuk bisa mengejar cita-cita. Toh katanya program S2 ini juga bisa dilakukan sembari bekerja di sana, dan akan diarahkan ke peluang kerja mana saja yang bisa dilakukan sembari menuntaskan studinya.

hhmmmm… rasa-rasanya, impian yang tadinya tidak mungkin kini menjadi mungkin. Yuk ah berdoa lagi untuk mimpi-mimpi kita yang pernah ada dan kini sudah terkubur dalam. Dengan doa segalanya menjadi mungkin, dengan IDEA Institut segalanya menjadi nyata.

IDEA: Mau Kuliah Ke Luar Negeri?
Sumber: instagram.com/ideainstitut/

Ayo kita kembali #BeraniBercita untuk menjadi seseorang yang berguna bagi nusa dan bangsa.

 

 

Salam Inspirasi,

Sesuapnasi

Mas_Olo

Berbagi dalam kesederhanaan, Bercerita dalam kegembiraan, Menyelami sebuah Inspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *