3 Jajanan Khas Purwokerto

Hola halo teman-teman semua, sedikit mau bercerita nih, beberapa bulan lalu masolo sempat berkunjung ke sebuah negeri yang bernama puerto rico lho. Wah puerto rico yang diluar-luar negeri itu maksudnya? hahahahha… bukan…bukan… Puerto rico disini hanya inisial aja atau alias, puerto rico itu maksudnya purwokerto, tau kan purwokerto? yang mayoritas warganya ngomongnya “ngapak” dan “ojo koyo kuweee…” itu….hehehhe.

Nah berhubung masolo doyan makan, jadi sudah tentu yang masolo cari di Purwokerto adalah makanan. Ada berbagai macam makanan yang mungkin teman-teman sudah pernah coba, tapi diantara beragam macam makanan itu ada 3 makanan yang bikin masolo tercengang-cengan dan bikin nambah, apa ajah sih makanan itu? nah ini dia ulasannya, disimak yah 🙂

TEMPE MENDOAN

Makanan yang satu ini sudah tentu menjadi idola khas dari Puerto Rico alias Purwokerto. Khas dengan hidangan tempe yang sengaja digoreng setengah matang, sukses mengangkat nama makanan ini keluar dari kota purwokerto, bahkan konon katanya sampai ke negeri sakura alias Jepang. Secara jujur sebenarnya yang doyan makanan ini adalah papa Masolo.

Jajanan Khas Purwokerto
Tempe Mendoan Maknyoss tenan

Papa Masolo sangat suka tempe mendoan. Bisa dibilang cemilan favorit beliau. Tempe mendoan adalah tempe berbalut tepung yang digoreng setengah matang. Kata “mendo” sendiri berarti “setengah matang” dalam bahasa Jawa. Otomatis, tekstur tempe mendoan cenderung basah dan kulitnya tidak serenyah tempe kering. Nah karena itu papa dan keluarga lebih suka nyemilin tempe mendoan, tapi tak jarang juga tempe ini dijadikan lauk pendamping misalnya untuk pecel sayur. Kalau dibadingkan antara tahu dan tempe, sudah tentu masolo lebih memilih tahu, karena di mulut masolo tahu lebih berasa nikmat dan mantab dibandingkan dengan tempe. Tapi entah kenapa begitu mencoba tempe jenis ini, eh delalah masolo juga dibuat ketagihan, apalagi makannya ditambah dengan kecap dan irisan cabe rawit, rasanya semakin menggoda dan bikin selera.

Tempe mendoan khas Purwokerto ini banyak dijumpai hampir di setiap toko/warung pinggir jalan yang ada di kota ini. Masolo sendiri mencoba tempe mendoan yang dibuat oleh tante dari mbaolo yang memang berjualan ini tempe. Percaya atau tidak, tanpa sadar masolo sudah sukses nyemilin 10 tempe mendoan tanpa sisa, saking lezatnya kan. Coba ada yang namanya tahu mendoan, pasti bakalan abis 20 biji dicemilin, hahahahhahahahahaha.

TEMPLEK

Okelah kalau tempe mendoan mungkin sudah tak asing lagi di telinga sobat kulineran, nah tapi kalau ini pernah dengar ga? ya templek, hidangan khas Purwokerto lainnya. Penasaran dengan templek, masolo langsung menyantap hidangan ini begitu matang, hufff… agak panas, tapi nikmat. Hhmmmm… kok rasa-rasanya seperti oncom yah? tapi bukan oncom, lantas ini apa?

Jajanan Khas Purwokerto
Ini yang namanya Temlek, imut-imut kan yah

Oalah, setelah bertanya kepada tante di sana, baru tau nih masolo ternyata templek itu adalah makanan yang terbuat dari ampas kedele. Bahan ini diolah memanfaatkan ampas kedele yang diperoleh dari olahan pembuatan tahu sehingga sudah berukuran halus, setelah itu direbus matang. Untuk siap dibuat templek maka bahan tadi diberi bumbu bawang, ketumbar, garam dan sedikit cabe bubuk. Setelah itu dibentuk bulatan seperti bakso dan dicelupkan ke adonan tepung beras dan kemudian digoreng dalam minyak panas. Setelah matang maka jadilah apa yang disebut templek itu.

Pantesan aja masolo doyan, ternyata bahan dan proses pembuatannya hampir sama dengan oncom, hanya saja bumbu dan cara mengolah ampas tahunya saja yang sedikit berbeda. Tak heran jadinya masolo semangat untuk menyantap ini templek dengan cabe rawit yang tak kalah menggoda. Yummy.

DAGE

Ini dia juara ketiganya makanan khas dari Purwokerto, dage. Duh makanan jenis apa lagi sih dage ini masolo? ada-ada ajah deh camilan dari Purwokerto ini. Eitss jangan salah, ini makanan walaupun bentuknya sederhana dan menempati posisi ketiga dari 3 makanan pilihan khas dari Purwokerto ala masolo tapi rasanya ga kalah seru dan bikin nambah lho.

Jajanan Khas Purwokerto
Ini yang namanya DAGE, bentuknya kotak kayak Tempe, rasanya unik

Dage adalah salah satu kuliner khas wong Banyumas terbuat dari ampas kelapa, termasuk makanan ringan. Dari Dage pada umumnya dibuat gorengan kering/mendoan dengan lombok rawit. Variasi lainnya, bisa juga dibuat oseng Dage kombinasi kecambah, lombok merah, dan hijau, jadi mirip oseng hati sapi dan bila diiris tipis-tipis bisa digoreng kering jadi kripik Dage rasanya mirip gorengan peru sapi, kriyik dan gurihnya.

Bisa dibilang rasa dage ini aga unik dan sedikit bikin kenyang, mungkin karena berasal dari kelapa yah sehingga baru makan 3 biji Dage ajah udah berasa kenyang banget. Selain daripada itu, Dage ini termasuk hidangan yang nyaris dilupakan dan menghilang dari jajanan khas dari Purwokerto. Mungkin karena kalah pamor dengan Tempe Mendoan yah. hhhmm…. kasian juga sih Dage ini, padahal rasanya juara juga lho.

Nyam…nyam…nyam…

Nah setelah puas mencicipi hidangan camilan dari Purwokerto ini, sudah saatnya masolo minum. Soalnya seretkan dari tadi nguyah plus graos cabe yang rasanya pedas sembari bercerita gini. Akhir kata, ayo kita lestarikan makanan-makanan khas nusantara, soal rasa bisa diadu kok, buktinya masolo sampai nambah-nambah terus karena keasyikan makan makanan ini. Sekali lagi, jangan lupakan kuliner nusantara yah, jatidiri kita sendiri.

Stay healthy, stay yummy.

Salam Inspirasi,

Sesuapnasi.

Mas_Olo

Berbagi dalam kesederhanaan, Bercerita dalam kegembiraan, Menyelami sebuah Inspirasi.

5 thoughts on “3 Jajanan Khas Purwokerto

  • August 21, 2018 at 7:32 pm
    Permalink

    wah hanay baru tempe mendoan yang aku pernah rasakan dan kalau ke sana pasti makan mendoan

    Reply
  • August 22, 2018 at 6:29 am
    Permalink

    hahaha ngakak mba “Puerto rico” bisa juga dipelesetin jadi purwokerto :))
    favorit aku banget tuh tempe mendoan. aku malah baru tau kalo tempe mendoan tuh khasnya purwokerto.

    kapan2 kalo ke purwokerto, cobain ah tempe mendoan khas di sana 😀

    Reply
  • August 23, 2018 at 4:38 am
    Permalink

    Jajanan di Puerto Rico memang bikin nagih, Oom. Sroto jalan Bank perlu dicoba, itu makanan wajib kalau ke sana.

    Salam.

    Reply
  • August 23, 2018 at 3:50 pm
    Permalink

    iya saya jg tahunya jg mendoan ternyata ada yang lain juga ya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *