Ancol Siap Sambut Asian Games 2018

Ancol jadi venue Asian Games 2018? masa sih? Itu kan tempat main masolo dulu, sekarang dan selamanya!

Siapa warga Jakarta yang tidak pernah mampir, main dan liburan di Ancol? Mungkin bukan hanya warga Jakarta saja yang bermain di sana, mungkin juga warga Indonesia atau warga dunia. Dulu sewaktu kecil masolo selalu memiliki impian untuk bisa bermain di taman impian. Bermain pasir di tepi pantai, berlari kecil mengejar ombak yang menggulung, melihat ikan-ikan beraneka jenis berenang di atas kepala, menaiki bianglala raksasa seakan sedang terbang membahana, bahkan melihat gong raksasa.

Ancol Siap Sambut Asian Games 2018
Mimpi Anak Kecil Sederhana

Percaya atau tidak, kebahagiaan sederhana seorang anak kecil adalah bisa melihat impiannya menjadi nyata, berkunjung ke sana, bahkan bermain sepuasnya di sana. Pernah kebayang ngga sebuah taman impian yang mungkin dari kita kecil menjadi tempat bermain hingga besar kini menjadi tempat berkumpul (atau pacaran) akan menjadi sebuah tempat perhelatan, panggung pertandingan, arena kejujuran dan sportifitas. Wah, ini sih keren banget. Taman yang dahulu hanya menjadi impian para anak kecil, kini menjadi impian atlet bahkan warga Jakarta. Sudah tau kan kalau Ancol akan menjadi tempat perhelatan ASIAN GAMES 2018, iyah betul, tempat yang berada di paling utara Jakarta ini dipercaya untuk menjadi salah satu tempat bertandingnya para atlet berbakat sekala Internasional.

ANTUSIASME ASIAN GAMES 2018

Asian Games 2018 merupakan edisi ke-18 dari acara multi event olahraga regional Asia. Rencananya acara olahraga berskala Internasional ini akan diselenggarakan di Indonesia, tepatnya di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018. Ini adalah kali kedua Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara Asian Games setelah sebelumnya Indonesia juga dipercaya untuk menyelenggarakan Asian Games IV pada tahun 1962. Bayangkan selang waktu yang tidak sebentar untuk menjadi tuan rumah kembali. Indonesia harus menanti selama 56 tahun untuk kembali membuktikan diri untuk menjamu tamu-tamu dan para atlet dari Asian Games.

Ancol Siap Sambut Asian Games 2018

Indonesia berbenah, Palembang bersolek, Jakarta mempercantik dirinya. Berbagai persiapan sudah mulai dilakukan, bahkan sudah beberapa mulai kelihatan. Diantara ribuan berita yang berseliweran mengenai pro dan kontra sebuah kebijakan, ada tangan-tangan yang selalu bergerak untuk membangun, berpacu dengan waktu untuk menyambut tamu. Sarana transportasi disiapkan, rekayasa lalu lintas diberlakukan, taman dipercantik, tembok-tembok mulai dihiasi lukisan mural karya anak bangsa, beragam semangat dan hastag juga sudah mulai diperkenalkan melalui sosial media, sejumlah dana sudah dikucurkan. Tujuannya hanya satu, bersiap diri untuk menjadi sebuah bangsa yang berdikari, mampu menyambut tamu dari luar negeri, bersatu dan berpadu.

 

JAKARTA SIAP!

Melalui undangan yang masolo dapatkan dari PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk bersama dengan PT. Tempo Inti Media, INASGOC dan Pemprov DKI Jakarta. pada sebuah acara yang bernama Ngobrol@Tempo yang diadakan di Candi Bentara Hall, Putri Duyung Ancol pada 26 Juli 2018, masolo jadi melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana Jakarta sedang berbenah diri dan siap untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Ada beberapa narasumber yang hadir di acara ini, diantaranya adalah Sandiaga Uno, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Teuku Sahir Syahali, Wakil Direktur Utama PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk (Jaya Ancol), Buldansyah, Perwakilan INASGOC dan Budy Setyarso, Pempimpin Redaksi Koran Tempo sebagai moderator.

Ancol Siap Sambut Asian Games 2018

Ancol Siap Sambut Asian Games 2018
Apa kata Sandi?

Sandiaga Uno, Wakil Gubernur DKI Jakarta mengatakan bahwa Asian Games 2018 ini adalah sebuah momentum dimana ini bisa menjadi papan loncat bagi pemerintah dan warga untuk bisa bersama-sama membangun karakter diri, bangsa dan Negara. Harapannya begitu Jakarta sudah menjadi kota terbesar di Asean 2045, akan ada sebuah kenangan/memori dimana Jakarta sudah memulainya di 2018 melalui Asian Games ini.

 

ANCOL SIAP!

Yang membuat masolo takjub adalah partisipasi Ancol di Asian Games kali ini. Sebuah kehormatan bagi taman impian berjuta keluarga dan anak Jakarta yang kini akan dipercaya dan disulap menjadi tempat perhelatan Asian Games 2018. Ancol akan menjadi venue utama bagi cabang olahraga Jetski dan Layar.

Ancol Siap Sambut Asian Games 2018
ANCOL SIAP!

Persiapan utama sudah tentu adalah membangun tempat yang layak, aman dan berstandar Internasional untuk 2 cabang olahraga ini. Tidak tanggung-tanggung, sebuah Indonesia National Sailing Center dibangun oleh Ancol demi menunjang kebutuhan Asian Games 2018 dan kenyamanan para atlet untuk bisa bertanding.

Ancol Siap Sambut Asian Games 2018
Salah satu bentuk kesiapan Ancol dalam menyambut Asian Games 2018

Selain daripada itu, Ancol juga mempersiapkan suatu rangkaian acara untuk tetap menciptakan impian dan keceriaan pengunjung yang hadir di sana. Rangkaian acara itu diberi nama “Ancol Asian Festival 2018” yang berisi beragam atraksi, hiburan dan festival bernuansa Asia sampai Agustus nanti. Beragam acara yang diadakan yaitu:

Ancol Kampung Betawi di Pasar Seni. Kebanggaan warga Jakarta akan budaya betawi yang kental membuat Ancol harus menyulap pasar seni menjadi kampung betawi mulai dari 15 Juni hingga 18 Agustus 2018. Kuliner khas betawi seperti kerak telor, laksa dan bir pletokpun akan turut dihadirkan di sana. Oh iya, jangan lupa berfoto di Wall Of Fame yang sengaja dihadirkan dengan gambar dan sejarah nama-nama tempat di berbagai wilayah Jakarta.

Ancol Siap Sambut Asian Games 2018
Kampung betawi Pasar Seni

Asia Latern Festival di Pantai Festival Ancol. Latern? Itu lampion kan yah. Iyah betul, bayangkan pantai Festival  Latern Ancol akan dihiasi warna warni dari lampu-lampu lampion yang bertemakan negara-negara Asia, lebih nikmat lagi jika sembari bersantap camilan dan menyeruput kopi/teh khas dari Asia.

Ancol Siap Sambut Asian Games 2018
Coffee or tea?

Ancol Aquathlon di Pantai Lagoon. Nah kali ini para pecinta olahraga lari dan renang akan diberikan kesempatan untuk bertanding bak atlet Asian Games melalui acara ini: Ancol Aquathlon. Acara ini terbuka luas untuk umum baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Hadiahnya juga lumayan, bernilai puluhan Juta rupiah, jangan sampai kelewatan! Acara ini akan diadakan pada 12 Agustus 2018.

Ancol Siap Sambut Asian Games 2018
Ancol Aquathlon, Ayo Ikutan.

Ancol Kemerdekaan Festival di Pantai Carnaval. Sebagai penutup Ancol Asian Festival sekaligus juga perayaan kemerdekaan RI yang ke-73. Berbagai lomba pun akan diadakan di sini seperti panjat pinang dengan 188 batang pohon dengan beribu macam hadiah menarik menanti. Ikutan deh, karena para peserta maupun penonton akan disorot oleh stasiun TV Nasional secara live, wah bisa tenar tuh kalau menang lombanya..hehehhe…

Akhir kata

kita harus angkat topi untuk kerja keras serta semangat yang coba ditularkan oleh pemrov DKI, Ancol, INASGOC dan juga Tempo melalui acara Ngobrol@Tempo. Agaknya bukan hanya kotanya saja yang dipercantik, tapi semangatnya juga harus diboost supaya para atlet Indonesia yang sudah berjuang mempersiapkan diri bisa menjadi bersemangat untuk menyumbang emas bagi Indonesia. Targetnya adalah 20 mendali dan masuk dalam 10 besar, tapi mimpinya sudah tentu menjadi juara di rumah sendiri donks. Yuk kita bakar semangat para atlet dengan menjadi supporter yang baik dan bijaksana dimulai dari hal sederhana seperti memposting hal-hal positif yang berisi akan informasi tentang Asian Games ini, termasuk juga Ancol yang kini sudah berbenah diri untuk menjadi tempat sebuah ajang olahraga kelas Internasional digelar.

Dari mimpi jadi inspirasi kan? Semangat!

Ancol Siap Sambut Asian Games 2018
Sesuap kata
Ancol Siap Sambut Asian Games 2018
Dulu pekerja sekarang wirausaha

Salam Inspirasi,

Sesuapnasi.

Mas_Olo

Berbagi dalam kesederhanaan, Bercerita dalam kegembiraan, Menyelami sebuah Inspirasi.

6 thoughts on “Ancol Siap Sambut Asian Games 2018

  • August 1, 2018 at 11:47 pm
    Permalink

    gak sabar buat nonton Asian Games dan jadi bagian sejarah olah raga internasional semangatnya udah mulai terasa dari sekarang 🙂

    Reply
  • August 2, 2018 at 6:17 am
    Permalink

    Sebenernya pengen banget nonton Asian Games secara langsung, tapi nggak bisa.

    Reply
  • August 2, 2018 at 7:07 am
    Permalink

    Ahhh jadi ga sabar pingin nonton asian games.. mana deket pula dari rumah, ancol, pacuan kuda, velodrom..semuanya dekett..yeayy.. ajak suami ahh buat nemenin nonton..

    Reply
  • August 2, 2018 at 4:19 pm
    Permalink

    Oo Ancol juga dipakai ya, keren. Jadi ga sabar Asian Games 2018

    Reply
  • August 2, 2018 at 7:22 pm
    Permalink

    Seru banget nih kalo bisa nonton secara realtime..
    Untung deket juga di ancol,, bagus sekali lah..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *