#SebarkanBeritaBaik : Jari Jangan Lebih Cepat dari Hati

“Lucu yah judulnya, maksudnya itu jari gimana itu masolo?” kata teman di samping masolo yang adalah blogger juga.

Tepatnya pada hari Rabu, 9 Mei 2017, Kapolda Metro Jaya mengajak netizen dan blogger untuk bincang bersama dalam nuansa kopi pagi (sesuapnasi diundang juga loh). Wah kalau Kapolda sampai repot-repot mengajak kami para netizen untuk berbincang tentunya ada hal krusial yang ingin disampaikan beliau. Polda metro jaya? Netizen? Sosial Media? ada hubungan apa yah?

#SebarkanBeritaBaik
Bincang Polda Metro Jaya dengan para blogger

Siapa yang pernah dengar istilah “mulutmu harimaumu”? yap, masolo pernah dengar kalimat ini melalui sebuah tayangan iklan di televisi. Tayangan tersebut menanyangkan literaly harimau yang keluar dari mulut seseorang yang lantas langsung menerkam orang tersebut. Kekuatan sebuah kata, bisa membangun dunia atau menghancukannya.

Nah di era digital sekarang ini, bukan hanya mulut saja yang bisa membunuh, tapi ternyata jarilah yang memiliki peran besar untuk menjadi harimau dan membunuh diri sendiri maupun orang lain. Jari ini ternyata se-berbahaya pedang bermata dua. Kalau pedang hanya mungkin membunuh raga, agaknya jari ini bisa membunuh jiwa dan raga. Nah lho, serem juga yah jari kita ini (*sembari ngeliat jari masolo yang jempol semua).

#SebarkanBeritaBaik
Di era Digital, Jari lebih berbahaya dari pedang

Karena hal itulah Polda Metro Jaya sangat perlu mengumpulkan para netizen dan mengajak seluruh netizen yang hadir maupun yang ada di seluruh jagat dunia per-sosialmedia-an untuk bersama-sama aktif dan turut serta menyebarkan berita yang benar, memiliki muatan yang positif, dan memiliki pesan yang bermanfaat bagi masyarakat. Tagar yang digaungkan adalah #SebarkanBeritaBaik dengan tujuan untuk “Bersatu Dalam Menjaga NKRI”.

#SebarkanBeritaBaik
Polda Metro Jaya merasa perlu mengajak seluruh netizen untuk #SebarkanBeritaBaik

 

#SebarkanBeritaBaik
Turut hadir juga netizen idola masolo mas @NdoroKakung

 

#SebarkanBeritaBaik
Komitmen setiap personil Polda Metro Jaya untuk menjaga NKRI dengan #SebarkanBeritaBaik

Bagaimana dengan jari kita bisa menjaga NKRI? Coba lihat jari tangan kita masing-masing, apakah penuh lumuran darah atau berbau harus bunga semerbak. Seberapa banyak hari kita berbuat kebaikan yang kita sadari, seberapa sering kita tanpa sadar “membunuh” jiwa, raga bahkan karakter seseorang. coba jujur sama diri sendiri hayo, kita coba intropeksi diri melihat seberapa latahnya kita untuk menyebarkan suatu informasi yang kadang kebenarannya dipertanyakan hanya untuk dianggap eksis, tanggap dan peduli. Jari ini ternyata memiliki peran besar untuk menjaga keutuhan bangsa kita, keutuhan masyarakat kita, keutuhan keluarga kita bahkan keutuhan diri kita sendiri.

#SebarkanBeritaBaik
Pilah dan Pilih, salah satu metode bagus untuk mengontrol kecepatan jari

Hari ini masolo belajar banyak tentang hal ini, jari jangan lebih cepat dari hati. Hati yang diberikan Tuhan sebagai warning system kita sebagai umat manusia. Hati yang seringkali menegur dan mengingatkan kita untuk berpikir dua kali dalam melakukan suatu hal, baik atau buruk. Hati yang senantiasa menjaga kita untuk tetap dalam jalur kebenaran dan kebaikan. Hati yang seringkali menyelamatkan kita dari amarah yang tidak terkontrol.

Jangan sampai hati ini tidak lagi berfungsi sebagai mana mestinya karena seringkali diabaikan atau bahkan tidak digunakan. Jangan sampai hati yang seringnya berwarna pink indah berbunga berubah menjadi hitam pekat karena dikuasai oleh kebencian. Jangan sampai hati ini menjadi barang tak berguna lagi karena kita telah kehilangan sisi manusia kita.

#SebarkanBeritaBaik
“Kata” bisa membangun dunia, bisa juga menghancurkannya.

Yuk kita sama-sama melihat ke dalam hati masing-masing, apakah masih berfungsi baik, apakah sering kita dengarkan, dan apakah hati ini mampu menahan jari untuk menyebarkan berita HOAX, ujaran kebencian dan informasi yang tidak benar melalui sosial media dan group wa.

#SebarkanBeritaBaik
Komitmen masolo dan sesuapnasi untuk menjaga NKRI dengan #SebarkanBeritaBaik

Mari bersama kita intropeksi dan menjadi inspirasi.

Salam Inspirasi,
Sesuapnasi.

 


*Perenungan ini masolo dapatkan pada saat mengikuti acara “Coffee Morning Kapolda Metro Jaya bersama para Netizen”. Tagar #SebarkanBeritaBaik menjadi trending topik di twitter selama acara berlangsung, sebagai bukti ada komitmen bersama netizen untuk tetap menjaga keutuhan NKRI dengan tidak menyebarkan kabar HOAX, Ujaran Kebencian dan Fitnah di sosial media.

Mas_Olo

Berbagi dalam kesederhanaan, Bercerita dalam kegembiraan, Menyelami sebuah Inspirasi.

12 thoughts on “#SebarkanBeritaBaik : Jari Jangan Lebih Cepat dari Hati

  • May 11, 2018 at 5:05 am
    Permalink

    ah iya, tanpa sadar, jemari ini, bisa berlumuran darah juga bisa memberikan seemerbak mawar ya mas,
    Duh, duhh, perlu dikoreksi diri lagi nih, apakah udah baik apa belum manfaatin jemari2, hheee
    Makasih utk sharng artikelnya mas ^_^

    Salam kenal
    rurohmadotcom

    Reply
    • May 12, 2018 at 9:32 am
      Permalink

      Hai mba,
      iyah mba, akupun pas nulis ini juga intropeksi diri, apa aku sudah menggunakan jemari ini dengan sebagik mungkin, atau asal-asal saja.
      Semoga setiap yang jari ini lakukan menjadi hal positif yah mba.

      Salam Inspirasi.

      Reply
  • May 12, 2018 at 4:01 am
    Permalink

    saya selalu menahan diri untuk menyebar berita2 viral dari sosmed, khawatir itu hoax, dari pada dosa kan, teru memberikan info menyesatkan, lebih aman dibiarkan saja, sudah saatnya kita tanggap dengan berita kredibel

    Reply
    • May 12, 2018 at 9:31 am
      Permalink

      Iyah kak betul sekali, menahan diri untuk turut serta menjaga NKRI. Kontrol paling baik yah adalah dari hati.

      Salam Inspirasi

      Reply
  • May 13, 2018 at 7:33 am
    Permalink

    Salam mas Olo… Syeremnya jari jemari itu kalau digunakan untuk menyebarkan yang tidak benar,seperti hoax. Makanya, aku lebih suka bergandengan tangan saja untuk mempererat kasih sayang hahaha.

    Reply
    • May 18, 2018 at 11:25 am
      Permalink

      Hahaahhahha, iyah kak bener, mendingan gandengan tangan kan yah, enak daripada tanpa sadar tangan kita dipake jadi senjata untuk membantu para penyebar keresahan dan kejahatan itu. Enak banget mereka kita yang berdosa kan jadinya. Yuk jadi bijak dengan #sebarkanberitabaik

      Salam Inspirasi.

      Reply
  • May 13, 2018 at 10:34 pm
    Permalink

    Tanya hatimu dulu ya. Jangan mau merasa terupdate maka hati diabaikan..Duh hoax

    Reply
    • May 18, 2018 at 11:24 am
      Permalink

      Setuju kak, hati harus jadi kontrol atas jari yap. Jangan sampai hati sudah tidak berfungsi lagi.

      Salam Inspirasi

      Reply
  • May 14, 2018 at 1:51 am
    Permalink

    Sekarang orang-orang lebih memilih jadi yang pertama menyebarkan informasi ketimbang jadi penyebar informasi benar.
    Yuk #sebarkanberitabaik!

    Reply
    • May 18, 2018 at 11:23 am
      Permalink

      Iyah kak, karena kadang orang pingin kelihatan “eksis” dan “pintar” ketimbang bijaksana dalam hal ini. Aku setuju banget supaya kita jadi bijaksana dalam menyebarkan informasi yang benar.

      Salam Inspirasi.

      Reply
  • May 17, 2018 at 3:29 am
    Permalink

    Saya sekarang cenderung menahan diri untuk langsung menyebarkan berita yang saya terima. Apalagi di WhatsApp Group banyak sekali betebaran pesan-pesan berantai yang tidak lagi jelas dari mana sumbernya. Saya nggak mau sekedar menyebarkan berita hanya karena “Biar waspada” atau “Info aja supaya berhati-hati” 🙂

    Reply
    • May 18, 2018 at 11:22 am
      Permalink

      nah ini inspirasi yang baik kak, menahan diri untuk bisa PILAH dan PILIH informasi yang akan kita share. Karena apapaun yang kita share memiliki dampak baik positif dan negatif, jadi kita harus lebih bijak sih. Salud buat kaka.

      Salam Inspirasi.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *