Bekerja Bersama Hati ala Danone

“Sembilu yang dulu biarlah berlalu, bekerja bersama hati, kita ini insan bukan seekor sapi.”

Penggalan lagu dari fourtwnty mengalun perlahan di pikiran. Beberapa hari ini memang sedang kepikiran mengenai kerja. Pilihannya bukan kerja atau tidak kerja (alias malas-malasan), tapi lebih kepada kerja untuk sebuah korporat atau demi diri sendiri. Kadang selalu ada saja alasan untuk keluar dari korporat atas nama ketidakadilan dan ketidakbebasan dalam bekerja, tapi nyatanya ketika sudah memutuskan untuk keluar dari lingkaran, ketidaksiapan dan berbagai alasan kembali mengajak untuk kembali ke lingkaran itu. Lantas konsep kerja seperti apa yang sebenarnya dicari oleh insan manusia ini? Apakah perlu mencari lowongan kerja lagi?

Bekerja bersama hati
Apa yang dicari?

Bekerja bersama hati, lirik ini menarik dan cukup dalam maknanya. Sejujurnya kadang kita lebih mengutamakan gaji daripada hati. Parahnya lagi, bekerja dengan mengatasnamakan passion pun terkadang tidak bisa menjawab kegundahan hati, jadi sekali lagi, apa yang sebenarnya dicari? Apa maksudnya bekerja bersama dengan hati?

Semesta memang selalu punya cara, baik untuk menjawab maupun untuk mengajar. Inspirasi kali ini datang justru dari korporasi, tempat dimana seringnya keluhan datang silih berganti, dan mungkin banyak yang bertahan hanya demi gaji. Tapi nyatanya tidak kali ini, melalui sebuah acara dengan tema “Discovering Talent Management” sebuah korporasi yang didalamnya banyak inspirasi mengenai arti bekerja sesungguhnya, bagaimana insan manusia bisa bertahan untuk bekerja bukan hanya dari sisi gaji, tapi juga opportunity dan inspirasi.

Kisah kali ini datang dari sebuah sudut di bilangan kuningan, tepatnya di Menara Cyber II lantai 9, yap Danone Indonesia yang memilik 22 pabrik dan 2 mini plant dengan jumlah karyawan lebih dari 15.000 orang. Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan multinasional ini, Danone Indonesia, dimana memiliki 3 kategori bisnis utama yaitu air minum dalam kemasan dan minuman non karbonasi, nutrisi untuk awal kehidupan dan nutrisi medis. Rasanya kalau kita search kata kunci “lowongan pekerjaan di Jakarta”, besar kemungkinan lowongan pekerjaan di Danone Indonesia yang akan paling sering muncul di halaman pertama google.

Bekerja bersama hati
Pojok Inspirasi

Lantas apa istimewanya? Toh ini perusahaan multinasional, sudah terkenal dimana-mana, dicari orang karena gaji selangit dan sebuah prestasi tertinggi ketika bekerja di sini. Orang sudah tentu paham bahwa Danone tempat nyaman untuk bekerja. Apa istimewanya?

Ini letak istimewanya:

Bekerja Bersama Hati
“Karyawan yang bergabung di Danone memiliki tujuan lebih daripada sekedar bekerja, yaitu untuk belajar dan berkontribusi penuh pada dunia yang lebih sehat.” Kata Om Gustavo Hildebrand yang adalah General Manager Nutricia Sarihusada.

 

Bekerja Bersama Hati
“Sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk membawa kesehatan melalui makanan, kami ingin misi kami ini memberikan dampak positif kepada sebanyak mungkin orang dari segala usia, lingkungan sosial dan budaya yang berbeda, termasuk karyawan kami.” Kata Om Arif Mujahidin yang adalah Corcom Director dari Danone Indonesia.

 

Bekerja Bersama Hati
“Kami juga ingin menginspirasi perusahaan lain untuk selalu tergerak melakukan kepedulian dan aksi dalam penyelamatan lingkungan di tengah bisnisnya” Kata Tante Corine Tap yang adalah Presiden Direktur PT. TirtaInvestama (Danone Aqua).

Apa maksudnya? Maksudnya adalah Danone Indonesia ingin memastikan bahwa setiap calon talenta yang akan masuk menjadi pekerja harus memiliki semangat “kerja bukan sekedar kerja”, tapi kerja dengan memiliki misi dan motivasi untuk membawa perubahan dan kebaikan bagi umat manusia, dalam hal ini bidang kesehatan. Danone Indonesia ingin menanamkan bahwa apapun yang karyawannya kerjakan, itu memiliki dampak signifikan bagi kesehatan umat manusia, terbayang air yang diminum oleh jutaan masyarakat Indonesia, susu yang mendukung pertumbuhan bayi-bayi Indonesia dan nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh masyarakat Indonesia. Kerja untuk menginspirasi, Kerja untuk sebuah misi.

Hasilnya luar biasa, setiap individu yang ada di Danone Indonesia paham akan fungsinya bagi perusahaan sekaligus fungsinya sebagai makhluk sosial sekaligus agent of change di masyarakat. Contoh nyata adalah sesi curhat oleh Mba Aci (nama aslinya adalah Dwinta Astarini, Senior Brand Manager Nutricia) yang tertarik masuk ke Danone Indonesia karena dua faktor, yang pertama adalah bisa bekerja sekaligus bisa mengemban misi sosial, yang kedua adalah bisa bekerja dengan celana jeans dan pakaian casual, hahhahaha. Selain itu budaya untuk menghargai pendapat setiap individu yang ada di lingkungan Danone, membuat Mba Aci menjadi paham untuk bersikap dan menerima pendapat dari orang lain. Mba Aci yang seringnya berkomunikasi dengan agency jadi mempraktekan bagaimana cara menghadapi teman-teman di agency secara baik, sabar dengan sedikit ketegasan yang membuat setiap komunikasi menjadi lancer, tidak asal bilang “TIDAK” atau “REVISI” tanpa sebab. Mungkin hal inilah yang membuat banyak pihak menjadi nyaman bekerja sama dengan Mba Aci (mungkin agency kamu adalah salah satu yang bekerja sama dengan Mba Aci).

Bekerja Bersama Hati
Sharing Session dari Mba Aci

Hal lain yang membuat Danone Indonesia juga berkomitmen untuk mendorong karyawan perempuannya agar bisa berkarier dengan cemerlang namun tetap dapat memperhatikan kesejahteraan keluarganya. Ini yang dirasakan sangat berarti oleh Tante Corine Tap yang menceritakan bagaimana Danone memberikan dukungan besar kepada dirinya beserta keluarga (4 orang anak dan suami yang berada di Bali). Bentuk dukungan lain Danone Indonesia terhadap pekerja perempuannya adalah dengan adanya cuti hamil selama 6 bulan, serta penyediaan fasilitas untuk ibu menyusui.

Bayangkan betapa menyenangkannya kalau kita kerja dengan semangat untuk menginspirasi, ditambah dengan dukungan penuh dari perusahaan, tau untuk apa kita bekerja, tau apa yang kita kerjakan dan tau seberapa besar dampak positif yang kita lakukan jika kita melakukan pekerjaan kita sepenuh hati. Perusahaan menjaga sekaligus mengembangkan potensi karyawannya, sedangkan para karyawan berusaha untuk menjadi maksimal agar perusahaan juga turut berkembang. Keren kan!

Bayangkan berapa banyak inspirasi yang bisa lahir dari cara kerja yang seperti ini, bukan lagi cambuk melainkan motivasi. Masolo yakin tanpa mereka sadar, Om gustav, Om Arif, Mba Aci dan teman-teman danoners lainnya sudah menjadi inspirasi paling tidak bagi kami para blogger yang hadir dalam acara “Discovering Talent Management a Danone. Masolo terinspirasi loh, sungguh. Dan nyatanya apa yang kalian (para danoners) lakukan dengan hati sudah menyentuh hati masolo, entah mungkin bisa menyentuh puluhan bahkan jutaan hati lainnya di luar sana melalui tulisan ini.

Bekerja Bersama Hati
Mereka, yang menginspirasi
Bekerja Bersama Hati
Kami, yang terinspirasi

Mungkin jawaban dari segala pertanyaan di awal tadi adalah sesederhana ini: “Bekerja bersama hati, dengan sebuah misi, untuk mengapai mimpi dan tanpa sadar sudah menjadi inspirasi.” Good job Danoners, teruslah menginspirasi melalui cara ini: “bekerja bersama hati, kita ini insan bukan seekor sapi.”

Bekerja Bersama Hati
Bekerja Bersama Hati, kita ini insan bukan seekor sapi

 

Salam Inspirasi.


*Talent management adalah program yang dilakukan oleh Danone untuk mengembangkan keahlian dan profesionalitasnya sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi lembaga usaha tempat mereka bekerja. Adapun beberapa inisiatif yang dilakukan terkait program ini adalah Jaguar program (Manajer dapat terlibat proyek antar negara), Endeavor Program (pengembangan karyawan untuk menduduki posisi manajer), International Assignment, Talent Assesment & Development dan Management Trainee. Info lebih lanjut bisa dilihat di www.dancommunity.com

 

 

Mas_Olo

Berbagi dalam kesederhanaan, Bercerita dalam kegembiraan, Menyelami sebuah Inspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *