Pijar Ilmu untuk Bassuli Manarang

Bermimpi adalah hal yang mudah. Mewujudkan mimpi itu menjadi sebuah inspirasi itulah yang tidak mudah. Pijar Inspirasi kali ini adalah mimpi yang berasal dari seorang guru yang berasal dari desa Limboro Rambu-Rambu di balik gunung Tondo, kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Desa ini berjarak tempuh 9 jam dari kota Makassar dengan kondisi jalan yang terjal dan rusak.

Pijar untuk Bassuli Manalang
Terletak di desa Majene, Sulawesi Barat

Perkenalkan, namanya adalah Saadiyah. Tiga kali dalam seminggu, Saadiyah mengajar di SMAN 1 Samba. Beliau lah yang memiliki mimpi untuk memiliki rumah belajar sendiri, yang bernama Bassuli Manarang. Basulli berarti rumah, sedangkan Manarang berarti pintar. Sedari kecil Saadiyah sangat merasakan yang namanya keminiman, keterbatasan dan serba kekurangan segala hal terutama untuk pendidikan. Satu hal yang Saadiyah inginkan yaitu supaya adik-adik yang ada di desanya tidak merasakan kesusahan, keminiman dan keterbatasan yang sudah dia rasakan dahulu. Di jaman yang sudah maju ini, sudah mengenal teknologi dan ada internet, inginnya desanya, tempat tinggalnya, adik-adik yang ada di desanya bisa mendapatkan hal yang jauh lebih baik daripada yang dia rasakan dahulu. Saadiyah ingin agar adik-adik yang ada di desanya belajar banyak hal, tau banyak hal, menjadi pintar dalam banyak hal agar bisa bersaing di luar sana.

Pijar untuk Bassuli Manalang
Namanya adalah Saadiyah

Sebuah mimpi yang mulia, sebuah tujuan hidup yang berguna, sebuah upaya yang diwujudkan dalam bentuk nyata. Sayangnya masolo hanya bisa mengenal Saadiyah melalui cuplikan video di youtube yang dishare oleh Mba Ditta dari Asuransi Astra. Siang tadi, Mba Ditta whatsapp masolo dan ijin untuk share kegiatan dari #pijarilmu di Majene. Dan sungguh terharu rasanya saat melihat perjuangan dang pengorbanan yang dilakukan oleh Saadiyah di dalam video tersebut dalam menyalakan pijar untuk bisa memajukan pendidikan di desanya.

#PijarIlmu

Terima kasih untuk Asuransi Astra, yang sudah mempertemukan sesuapnasi dengan sebuah inspirasi dari desa nun jauh di sana. Pijar pada akhirnya menemukan jalannya sendiri untuk bisa berbagi, untuk bisa menginspirasi, untuk bisa menyalakan pijar-pijar lain dengan tujuan untuk menerangi kegelapan dalam hal pendidikan yang ada di muka ibu pertiwi ini. Ada 2.5 Juta anak Indonesia tidak bisa menikmati sekolah lanjutan. Mungkin akan ada lebih banyak lagi yang tidak berkesempatan untuk mengenal dunia baca dan tulis, kehilangan kesempatan untuk menikmati indahnya pendidikan dan manisnya cerita dan ilmu melalui sebuah buku.

Pijar untuk Bassuli Manalang
#Pijarilmu Membantu mewujudkan mimpi
Pijar untuk Bassuli Manalang
#PijarIlmu mewujudkan mimpi
Pijar untuk Bassuli Manalang
#PijarIlmu mewujudkan mimpi

Mimpinya sederhana, tapi inspirasinya luar biasa. Melalui #Pijarilmu, Asuransi Astra sejak 9 April hingga 2 Mei sudah bergerak, mewujudkan banyak mimpi melalui revitalisasi 50 perpustakaan sekolah dan rumah baca umum termasuk Basulli Manarang, mendonasikan lebih dari 5.000 buku, memberikan kelas inspirasi untuk ribuan anak-anak sekolah dasar, serta pelatihan manajemen keuangan dan kepemimpinan untuk ratusan guru dan kepala sekolah di 24 kota di Indonesia.

Pijar untuk Bassuli Manalang
#PijarIlmu mewujudkan Mimpi

Masolo terinspirasi, masolo jadi mau bermimpi untuk menyalakan pijar dan menjadi inspirasi melalui banyak hal terutama di bidang pendidikan.

“Tapi kan aku ngga bisa ngajar”

“Aku ngga berbakat menjadi guru.”

“Aku ngga bisa turun ke lapangan karena kesibukan aku.”

 

Segala sesuatu harus dimulai dengan apa yang kita miliki di tangan kita saat ini. Kalau kita memiliki kedua tangan untuk dilipat dan berdoa, mulailah untuk mendoakan para relawan dan kegerakan positif yang sudah dan akan terjadi. Kalau kita hanya memiliki sedikit waktu untuk disisihkan, pergunakan waktu yang ada itu barang sehari untuk berpartisipasi dan berbagi di dalam kelas inspirasi. Kalau yang kita punyai adalah kelebihan dana, mulailah untuk mencari kegiatan apa yang sedang membutuhkan dana untuk memperluas jangkauannya. Kalau kita hanya memiliki tumpukan buku yang sudah tidak terbaca lagi, mungkin kita bisa mendonasikan buku itu ke perpustakaan dan taman bacaan yang membutuhkannya.

Pijar untuk Bassuli Manalang
Menjadi Inspirasi mulai dari hari ini

Atau jikalau seperti masolo ini, yang hanya memiliki laptop, internet dan lembaran kosong di Ms. Word, mulailah untuk membagikan mimpi dan inspirasi melalui tulisan sederhana di blog sesuapnasi.

Salam Inspirasi,

Sesuapnasi

Mas_Olo

Berbagi dalam kesederhanaan, Bercerita dalam kegembiraan, Menyelami sebuah Inspirasi.

2 thoughts on “Pijar Ilmu untuk Bassuli Manarang

  • May 5, 2018 at 2:56 am
    Permalink

    Nah menarik ini, manajemen keuangan, skill yg jarang disentuh dunia pendidikan. padahal manfaatnya langsung dirasakan, bukan sekadar teori.

    Reply
    • May 7, 2018 at 5:27 pm
      Permalink

      Iyah betul mas, tenaga pengajar perlu dibekali hal seperti ini juga.

      Salam Inspirasi

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *