Inspirasi Untuk Negeri, #PijarIlmu

Suara hp berbunyi, sepertinya itu suara dari pesan pendek di whatsapp:

“Masolo, mau ikutan acara blogger gathering ga?”

Begitulah isi pesan singkat tersebut. Sebagai seorang blogger yang selalu siap untuk menghadiri event langsung saja saya jawab singkat mengenai kehadiran.

Ternyata, ini adalah undangan khusus dari Asuransi Astra. Wah menariknya lagi adalah, undangan ini bukan ditujukan untuk pengenalan produk atau perusahaan saja, tetapi komitmen Asuransi Astra untuk Pendidikan Indonesia.

“Wah ini keren.” Kata masolo dalam hati.

Kenapa keren? Karena masolo selalu takjub dan ingin ikut serta dalam kegiatan apapun yang membantu dan mendorong Pendidikan anak-anak bangsa Indonesia, apalagi yang bentuknya adalah social movement. Walaupun tidak langsung terjun ke dalam kegiatan tersebut, paling tidak ada bentuk keikutsertaan masolo yaitu menyebarkan inspirasi ini melalui tulisan sederhana.

Inspirasi untuk Negeri, #PijarIlmu
Inspirasi untuk Negeri, #PijarIlmu

#PijarIlmu, itulah tagar dari social movement yang dilakukan oleh Asuransi Astra. Tujuannya sederhanya yaitu memberikan Peace of Mind kepada anak didik dan tenaga pengajar yang ada di sekolah supaya bisa menebarkan inspirasi untuk kemajuan Pendidikan Indonesia. Kampanye sosial #PijarIlmu ini berlangsung dari tanggal 9 April hingga 9 Mei nanti, dimana terdiri dari rangkaian kegiatan. Untuk memotivasi anak didik, Asuransi Astra akan mengadakan kelas inspirasi di sekolah-sekolah yang terdapat di kampung binaan Astra. Melalui kelas inspirasi, diharapkan anak-anak di bangku sekolah dasar dapat melihat banyak sekali hal dan pekerjaan yang kelak bisa mereka jadikan impian untuk memperbaiki kehidupan kelak. Sedangkan bagi tenaga pendidik, Manajemen Asuransi Astra akan langsung turun untuk memberikan pelatihan dan pendampingan terkait dengan manajemen kepemimpinan dan manajemen keuangan.

Inspirasi untuk Negeri, #PijarIlmu
Inspirasi untuk Negeri, Sharing session #PijarIlmu

Satu hal yang membuat hati masolo tergugah untuk menulis ini adalah mengenai inspirasi untuk negeri. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk negeri ini, bukan hanya bekerja untuk kepentingan pribadi. Kita bisa menjadi seorang pekerja yang pada akhirnya akan memberikan sebuah inspirasi untuk anak-anak di luar sana yang mungkin sampai sekarang masih belum paham akan apa cita-citanya kelak. Kita bisa saja menjadi seorang tenaga pengajar/guru, dimana bukan hanya memberikan penjelasan dan ulangan seputar materi Pendidikan, tetapi juga membangun moral dan motivasi. Kita bisa saja hanya seorang blogger yang terinspirasi dari makanan, traveling atau bahkan kegiatan positif semacam ini, tapi pada akhirnya kita akan menuliskan kisah-kisah inspirasi melalui pengalaman yang kita dapatkan untuk bisa menyebarkan inspirasi melalui tulisan supaya ada mimpi dan inspirasi lainnya yang akan tumbuh. Apapun itu bentuknya, menyebarkan inspirasi dan hal positif adalah hal sederhana yang akan berdampak luar biasa.

Inspirasi untuk Negeri, #PijarIlmu
Saya hadir di #PijarIlmu

Seru! Mungkin itulah kata yang bisa menggambarkan kegiatan blogger gathering pada hari Rabu kemarin di Ecology Café yang terletak di bilangan kemang. Setelah mengiyakan email yang menyatakan saya turut serta diundang, saya datang ke event tersebut dengan perasaan bercampur aduk. Antara senang, haru, malu dan sedikit canggung, yah walaupun saya tergolong orang yang supel dan suka memulai perbincangan, tetapi ada sedikit terselip rasa canggung, mengingat ini adalah acara yang diadakan oleh brand besar dan tentunya dihadiri oleh para influencer dan blogger yang sudah jauh melalangbuana dari saya, hhmmm… bakalan bertemu banyak influencer keren dan kece yang followersnya sudah ratusan ribu.

Dimulai dengan jamuan makan siang, kami para blogger dan influencer disambut secara hangat oleh pihak Asuransi Astra yaitu mba Yuni dan mba Ditta. Tidak tanggung-tanggung lho, mereka berdua yang mengantarkan masolo ke zona makan dimana disitu sudah tersedia menu-menu yang super enak dari café Ecology sembari diiringi homeband yang mengiring dengan lagu-lagu yang memukau hati.

Inspirasi untuk Negeri, #PijarIlmu
Makan dulu, masakan chef-nya Ecology enak-enak lho.

Selesai santap siang Bersama, ternyata tempat duduk kami sudah dipilihkan dan ditentukan melalui table card dengan nama kami masing-masing tertera di bangku yang sudah tersedia. Mungkin ini adalah salah satu inisiatif dari pihak Asuransi Astra supaya para blogger dan influencer tidak canggung dan bisa berbaur satu sama lain. Benar adanya, ealaah masolo baru ngeh ternyata sebangku dengan influencer kece yang menjadi idola masolo sejak lama; ada mba Yuki (@yukiangia), mba dayuhatmanti (@dayuhatmanti) dan mas Ashari Yudha (@catatanbackpaker), pokoknya keren deh.

Pak Iwan, Selaku Head of Marcom and Event yang memberikan penjelasan mengenai social campaign ini. Tujuan utamanya adalah memberikan nyala pijar terutama di bidang Pendidikan. Filosofi pijar dipilih karena seperti nyala lilin, inspirasi itu bisa menerangi dan juga bisa dibagikan kepada lilin lain yang pijarnya masih belum terpancar. Harapannya dengan adanya #PijarIlmu ini, sedikit demi sedikit pijar-pijar baru akan bermunculan untuk bisa membuat perbedaan bagi Pendidikan Indonesia, dimulai dari yang terdekat dengan kita.

Inspirasi untuk Negeri, #PijarIlmu
“Inspirasi itu seperti pijar yang menyala di tengah kegelapan.” -Pak Iwan-

Oh iya, ternyata kalau kita ketik tagar #PijarIlmu di Instagram, ada Instagram Photo Contest lho. Selama peride masa campaignnya, melalui akun Instagram @AsuransiAstra, Asuransi Astra berharap dengan adanya kompetisi foto di Instagram dapat meningkatkan minat baca masyarakat dengan cara menyebarkan inspirasi yang didapatkan dari buku yang sedang dibaca. Warganet bisa membagikan pose saat sedang membaca buku favoritnya selain itu juga bisa memposting caption yang dianggap menginspirasi dari buku yang dibacanya. Untuk Foto terbaik, Asuransi Astra menyediakan hadiah antara lain kamera Sony a6000, Kamera Xiomi Yi 2 4K, dan handphone Xiomi mia1. Selain itu masyarakat juga dapat turut serta mendonasikan buku-buku baru/layak baca dengan fokus untuk anak sekolah dasar melalui kotak donasi buku yang ada di seluruh cabang gerai garda center Asuransi Astra.

Inspirasi untuk Negeri, #PijarIlmu
Yuk, Ikutan kontes Fotonya: Cekrek, Upload, Menginspirasi

Terima kasih masolo haturkan kepada Asuransi Astra atas undangannya, kesempatannya serta inspirasinya melalui #PijarIlmu. Masih banyak hal dan inspirasi lainnya yang tak terkatakan melalui tulisan ini, yang jelas masolo siap membantu dan berpartisipasi untuk menyebarkan inspirasi ke seluruh negeri melalui #PijarIlmu.

Inspirasi untuk Negeri, #PijarIlmu
Terima Kasih Asuransi Astra terus menyebarkan pijar-pijar pendidikan.

Salam Inspirasi,

Sesuapnasi.

Mas_Olo

Berbagi dalam kesederhanaan, Bercerita dalam kegembiraan, Menyelami sebuah Inspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *