Kandang Godzilla, Pesona Alam di Ujung Cisoka

“Kandang….Kandang apa yang geudeee banget? “

Kandang gajah mungkin? Atau kandang jerapah?

Salaahh!!! Jawabannya adalah KANDANG GODZILLA..

Wew, emangnya ada kandang Godzilla? Godzilla ajah kan cuma binatang khayalan yang cuma ada di film box office ajah. Impossible brooog…. Mustahil….

Hahhahaha, eits jangan salah, emang Godzillanya ga ada, tapi kandangannya ada lho, dan ini beneran ada, ngga percaya coba ajah melipir sejenak ke Tebing Koja alias Kandang Godzilla, kamu bakalan percaya bahwa kemungkinan Godzilla itu beneran ada….suwerrr…

Jadi ceritanya, sudah lama banget Mas Olo ingin membuktikan bahwa hal diatas benar adanya. Berbekal sedikit informasi dari social media bahwa ada sebuah tempat kece yang menyerupai sebuah kandang yang besar sekali. Ini kandang bukan sembarang kandang, karena kandang ini pada akhirnya terbentuk secara alami setelah proses penggalian dan pencarian manusia akan sebuah bahan bangunan alias pasir. Buat yang penasaran, tempat ini tepatnya terletak di desa Cikuya, Solear, Tangerang, Banten.

Kandang Godzilla? Pesona Alam di Ujung Cisoka
Ciamik yah…

 

Kandang Godzilla? Pesona Alam di Ujung Cisoka
Sisi Lain dari Kandang Godzilla

Untuk menuju tempat ini bisa melalui jalan darat dan sebaiknya ditempuh dengan kendaraan pribadi. Karena sejauh yang Mas Olo lihat, belum ada angkutan umum maupun bis yang lalu lalang di sini. Paling juga ada ojek warga sekitar yang bisa mengantarkan kamu langsung menuju kandang yang memang terpencil adanya. Mas Olo memilih untuk berpetualang ke sini dengan menggunakan Commuter Line. Mba google Maps bilang kalau stasiun terdekat yang menuju Kandang tersebut adalah di Stasiun Maja. Dengan berbekal google Map dan bertanya kepada orang sekitar, dapatlah info bahwa Kandang hanya berjarak sekitar 5 km jika melewati pinggiran sungai dan sawah. Tapi harus berjalan kaki.

Kandang Godzilla? Pesona Alam di Ujung Cisoka
Naik Commuter menuju ke Stasiun Maja

 

Kandang Godzilla? Pesona Alam di Ujung Cisoka
Sampai di Stasiun Maja

Berhubung Mas Olo sangat suka berpetualang, jadilah Mas Olo memilih untuk berjalan kaki menuju kesana dengan harapan bisa bertemu warga sekitar, berinteraksi sekaligus menikmati pemandangan sawah yang menawan hati. Eh delalau ternyata jarak di google map hanyalah ilusi, dan setelah masuk jauh ke dalam, itu gps mati, tidak dapat sinyal ditambah dengan keputusan melalui padang ilalang dan tengah sawah membuat Mas Olo tidak dapat bertemu seorangpun, jadilah muter-muter dan nyaris nyasar disana. Untungnya Mas Olo bertemu dengan Pak Syukur yang dengan rela hati mengantarkan Mas Olo melewati sawah dan sungai kecil untuk menuju ke Kandang.

Kandang Godzilla? Pesona Alam di Ujung Cisoka
Shortcut menuju Kandang Godzilla

 

Kandang Godzilla? Pesona Alam di Ujung Cisoka
Hampir nyasar, Untung ada Si Bapak…

Ternyata benar yang dikatakan orang-orang, bahwa ada tempat yang instagramable di Tanggerang. Perpaduan antara unsur tanah (sawah), unsur air (danau) ditambah dengan tebing-tebing yang menjulang mempercantik tampilan landscape disini. Konon katanya, kalau datang kesini saat matahari terbit nuansanya jauh lebih memukau lagi, perpaduan antara sinar manja matahari yang baru muncul ditambah dengan embun yang menyelimuti tipis menambah indahnya pesona Kandang ini.

Kandang Godzilla? Pesona Alam di Ujung Cisoka
Tempat Minum Godzilla

 

Kandang Godzilla? Pesona Alam di Ujung Cisoka
Tempat Ngerumput Godzilla

 

Kandang Godzilla? Pesona Alam di Ujung Cisoka
Tempat Bobo Godzilla

Pertanyaannya kenapa ini disebut Kandang Godzilla yah? Hahhahaha… Tanpa sengaja Mas Olo bertemu dengan pemilik dari tempat ini yaitu Pak Njen. Ternyata Kandang ini berdiri di atas tanah milik leluhur dari Pak Njen ini. Konon katanya, sebelumnya tempat ini digunakan sebagai tempat untuk menambang pasir menggunakan alat tradisional. Nah setelah beberapa tahun ditambang dan tidak ada sisa pasir lagi, tanah ini ditinggalkan teronggok begitu saja, dengan menyisakan tebing-tebing batu yang memang sudah tidak bisa digali lagi menggunakan alat manual. Nah awal mulanya, keindahan ala mini ditemukan oleh Mahasiswa UIN yang sedang melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata lho yah bukan Korupsi Kolusi Nepotisme..hehehhe) di tempatnya pak Njen. Mereka melihat Tebing Koja ini sebagai hal yang menarik untuk di posting di IG mereka, dengan berbagai spot menarik yang bisa dieksplore, bisa foto di tebingnya, bisa foto di sawah-sawahnya, bisa foto di tengah-tengah danaunya, sampai foto secara keseluruhan. Setelah di posting di IG ternyata hasilnya sangat memuaskan, dan menyerupai sebuah Kandang besar dimana bisa diimajinasikan hewan purba semacam dinosaurus atau hewan hasil rekayasa gen seperti Godzilla bisa hidup disana. Maka tercetuslah nama dan caption Kandang Godzilla untuk tempat ini. Begitulah kira-kira ceritanya.

 

Kandang Godzilla? Pesona Alam di Ujung Cisoka
Pak Njen Sedang Menanam Sawah

Awalnya Pak Njen tidak ingin menarifkan tiket masuk untuk menuju ke Kandang. Akan tetapi pada suatu saat, dikarenakan tempat ini sudah hits di social media, banyak orang datang menuju kesana untuk bergantian foto/selfie tanpa memperdulikan tanaman yang ada disana. Pada akhirnya tanaman bayam dan padi milik Pak Njen terinjak-injak dan rusak, padahal tanaman itu yang menjadi pemasukan bagi Pak Njen dan keluarga. Akhirnya setelah dibujuk rayu oleh anak-anak dan keponakan Pak Njen, sekaligus untuk mengganti biaya kerusakan bayam tersebut, dikenakanlah tiket masuk seharga 3000 rupiah untuk menuju ke Kandang. Cukup murah dan bisa sangat cukup membantu Pak Njen sekeluarga.

Kandang Godzilla? Pesona Alam di Ujung Cisoka
PakNjen dan saudaranya

Waktu terbaik untuk mengambil foto landscape disini adalah pagi hari, saat matahari terbit disertain dengan kabut tipis dan embun yang menjuntai di ujung padi. Dengan angel yang pas, maka kita akan mendapatkan foto yang ciamik dan instaramable. Bahkan sangat mungkin untuk melakukan sesi foto prewed disini. Namun sayangnya, sekarang berhubung sudah cukup hits dan terkenal, tempat ini sudah ramai dikunjungi orang dan warga sekitar. Mas Olo saja yang datang di hari biasa dan sudah cukup sore tetap menikmati pemandangan ramainya orang yang ingin menikmat Kandang ini.

Kandang Godzilla? Pesona Alam di Ujung Cisoka
Waktu terbaik adalah pagi, tapi ga salah juga klo datang pas sore

 

Kandang Godzilla? Pesona Alam di Ujung Cisoka
Bisa Buat Prewed Ala-Ala disini

 

Kandang Godzilla? Pesona Alam di Ujung Cisoka
Bisa Selfie juga d sini… Tapi awas harus hati-hati 🙂

 

Kandang Godzilla? Pesona Alam di Ujung Cisoka
Yaduh… kok udah banyak sampah ajah… 🙁

 

Kandang Godzilla? Pesona Alam di Ujung Cisoka
Bisa Maen perahu-perahuan disini…

Jadi agaknya sekarang nama Kandang Godzilla sudah tidak cocok lagi yah, karena bukannya Godzilla yang ditemui eh malah orang-orang yang berlalu lalang. Bagaimana kalau sekarang kita namai saja Kandang Orang? Atau Kandang Alay (karena banyaknya alay yang buang sampah sembarangan)??? Hhhmmm… bisa jadi….

Salam Inspirasi,

Sesuap Nasi

Mas_Olo

Berbagi dalam kesederhanaan, Bercerita dalam kegembiraan, Menyelami sebuah Inspirasi.

8 thoughts on “Kandang Godzilla, Pesona Alam di Ujung Cisoka

  • August 12, 2017 at 7:12 am
    Permalink

    Keren banget tempatnya… pengen banget ke sana… karena saya orang yang suka dengan tempat2 seperti itu…. Kapan yah kesana???
    Makasih ya mas!!! udah bagikan pengalaman pergi kandang godzilla!!!
    hehehe….

    Reply
  • August 12, 2017 at 7:13 am
    Permalink

    kandang godzilla ??? hahah jadi penasaran juga, ayuk bang kesana bareng

    salam
    kokishanum

    Reply
  • August 12, 2017 at 8:15 am
    Permalink

    Hahaha kreatif gan

    Reply
  • August 12, 2017 at 8:43 am
    Permalink

    instagramable nih tempatnya. leh uga, itu airnya warnanya coklat apa item gitu gan? (biar nyesuain ootd) hahaha. tapi di tangerang ya? ga jauh2 amat dari saya lah.

    Reply
  • August 14, 2017 at 1:08 am
    Permalink

    Bagus banget..fotonya juga keren anglenya👍 Mas Olo nemu aja tempat ini..btw thanks to anak KKN itu yaa hihiii

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *