Camping Ceria di Campung Cumur (Kampung Sumur Maksudnya..hee)

“Kebahagiaan sesungguhnya adalah ketika kita bisa membagi kebahagiaan itu ke orang lain.”

Camping kali ini bukan di gunung atau di pantai, bukan pula di lembah Mandalawangi ataupun di Pondok Salada. camping kali ini bukanlah sekedar menginap dan memandangi lautan bintang di angkasa, ataupun menikmati dinginnya pagi di Ranukumbolo. Walaupun sekejap camping kali ini jauh lebih bermakna, jauh lebih berkesan, dan sangat membuat bahagia jiwa raga. Terus mau Camping dimanakah Mas Olo kali ini ???

Kegiatan camping kali ini Mas Olo diadakan di campung alias kampung. Bukan sekedar kampung, bukan sembarang kampung, karena di kampung ini kebahagiaan akan terpancar, mimpi akan dibagikan, pengalaman akan dinikmati bersama, dan keceriaan akan menghiasi berbagai macam senyum anak-anak disana. Inilah dia Camping Ceria di Kampung Sumur.

Hah, kampung sumur? Dimana tuh? Deket sama Kampung Baduy yah? hehehehehehe.. bukan kok.. jauh sangat dengan baduy. Kampung sumur terletak di  Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Berawal dari ajakan kenalan lama Mas Olo yang sangat menginspirasi dan aktif dalam berbagai kegiatan sosial bernama brader Max Andrew, kegiatan kamping ini digagas. Max adalah founder dari Rumah Budaya Mandiri, sebuah rumah singgah yang dibuat untuk adik-adik yang ada di sekitar Kampung Sumur. Nah di Rumah Budaya Mandiri ini ada kegiatan yang dinamakan kelas mimpi kecil, yaitu sebuah kegiatan yang menghadirkan teman-teman dari Max yang mampu menceritakan dan memberikan inspirasi terkait dengan pekerjaannya, kegiatannya, atau hobinya. Tujuannya sederhana, yaitu mengenalkan kegiatan/hobi/pekerjaan tersebut kepada anak-anak, sekaligus menanamkan bahwa mimpi semustahil apapun dapat terwujud dengan adanya iman, niat dan semangat yang tak pernah padam.

Camping Ceria di Campung Cumur (Kampung Sumur Maksudnya..hee)
Invitation di Facebook

Di kelas mimpi kecil kali ini, Mas Olo diberikan suatu kesempatan untuk menceritakan sekaligus mempraktekan bagaimana menjadi pendaki sekaligus pencinta alam. Ajakan ini bermula pada saat brader Max membaca blog Mas_Olo mengenai #blogseries tentang 7 Summit yang Mas Olo lakukan. Nah berawal dari ajakan itulan maka digagas suatu kelas outdoor yang di dalamnya akan diisi dengan bercerita dan melakukan aktivitas membangun tenda dan memasak menggunakan peralatan yang sering di gunakan pada saat nge-camp di gunung. Penasaran kan bakalan seceria apa camping kali ini, nah hayuk dilanjut bacanya…hehehe…

Yuk Bersama Membangun Tenda…

Keceriaan, rasa penasaran sekaligus rasa kagum terpancar sangat di wajah adik-adik ketika Mas Olo datang dengan menggendong tas besar yang super besar (sering disebut dengan Keril). Penasaran dengan isinya, Mas Olo mengeluarkan sekaligus menjelaskan satu per satu isi dan kegunaan alat-alat tersebut. Ada tenda, ada matras, ada sleeping bag, ada nesting (alat masak) dan banyak lagi.

Camping Ceria di Campung Cumur (Kampung Sumur Maksudnya..hee)
Membangun Tenda Bersama

Nah setelah semua dikeluarkan, sekarang saatnya membangun tenda. Berhubung tenda yang Mas Olo bawa ada dua, jadi dibagi adik-adik menjadi 2 kelompok, satu kelompok mendapatkan tenda biru, satu lagi mendapatkan tenda merah. Oh iyah, dalam kegiatan ini Mba Olo juga ikut menemani lho, ikutan bangun tenda juga (walaupun inisiatif awalnya salah… frame dimasukin ke dalam tenda..hehehhe). Serunya disini adik-adik bukan hanya melihat saja, tetapi juga turut aktif membantu Mas Olo membangun tenda. Dan yang lebih serunya lagi, setelah tendanya jadi dan berdiri, mereka berebutan masuk ke dalam tenda…hahhahaha… seru banget, ketawa ketiwi bareng, eh ga berapa lama mereka keluar lagi dengan keringat yang bercucuran deras.

Camping Ceria di Campung Cumur (Kampung Sumur Maksudnya..hee)
Mas Olo bersama adik-adik di dalam tenda… Puanas pool rek…

 

Camping Ceria di Campung Cumur (Kampung Sumur Maksudnya..hee)
Kali ini giliran Mba Olo yang bersama adik-adik 🙂

Lah iyahlah kan bangun tendanya pas panas terik, ga kebayang deh bagaimana panasnya di dalam tenda…hehehhe… alhasil tenda yang tadinya double layer, layer keduanya dilepas demi mendapatkan sedikit angin segar dari luar..hahahahaha… lucu dan seru banget deh pokoknya.

Duh laper nih, saatnya masak-masak…

Nah berhubung ada lebih dari 5 adik yang mengeluh lapar, aktivitas kita lanjutkan dengan memasak. Kali itu Mas Olo akan mempraktekan bagaimana cara memasak menggunakan kompor gas portable, paraffin dan nesting. Bahan makanannya sederhana, yaitu kita akan memasak JASUKE alias Jagung Susu Keju. Tenang ajah, jagungnya udah direbus mateng kok, jadi praktek masaknya hanya ala-ala saja untuk demontrasi ke adik-adik. Dan berhubung perut sudah keroncongan, adik-adik tidak sabar untuk menikmati JASUKE-nya, padahal yang mempersiapkan hanya Mas Olo, Mba Olo dan dibantu relawan dari Rumah Budaya Mandiri lho, ga kebayang kan gimana riwehnya..hahaha.. Untungnya ada brader Max yang membantu untuk menertibkan anak-anak untuk mendapatkan JASUKE tersebut.

Camping Ceria di Campung Cumur (Kampung Sumur Maksudnya..hee)
Lagi coba nyalain paraffinnya…

 

Camping Ceria di Campung Cumur (Kampung Sumur Maksudnya..hee)
Saatnya Masak…

 

Camping Ceria di Campung Cumur (Kampung Sumur Maksudnya..hee)
Mau…mau…mau…

 

Camping Ceria di Campung Cumur (Kampung Sumur Maksudnya..hee)
Jadi Kang Jasuke dulu..hehehhe…

 

Camping Ceria di Campung Cumur (Kampung Sumur Maksudnya..hee)
Bisa nih keknya Mas Olo dan Mba Olo usaha JASUKE…hehehe

Gelas terakhir diberikan, dan nampaknya masih banyak anak yang pingin nambah. Duh maaf banget yah adik-adik, sudah habis jagungnya. Jagung kurang lebih 20 buah yang sudah Mas Olo dan Mba Olo sediakan ternyata memiliki banyak peminat euy, bisa nih sepertinya usaha sampingan bikin JASUKE..hehhehe…

Pesan kepada calon pendaki

Camping Ceria di Campung Cumur (Kampung Sumur Maksudnya..hee)
Brader Max Mempersilahkan Mas Olo untuk memberikan Pesan Pendaki

Sebelum berpisah satu sama lain, Brader Max mempersilahkan Mas Olo untuk memberikan pesan kepada adik-adik yang sepertinya ingin cepat besar dan menjadi pendaki. Ada 3 pesan penting yang Mas Olo sampaikan kepada para calon pendaki cilik ini yaitu:

Camping Ceria di Campung Cumur (Kampung Sumur Maksudnya..hee)
Pesan Untuk Calon Pendaki Cilik
  1. Cintailah Alam dengan tidak membuang sampah sembarangan dimanapun. Dimulai dari lingkungan paling kecil yaitu di rumah. Buanglah sampah pada tempatnya, supaya alam yang kita nikmati ini bisa terjaga kelestariannya.

  2. Harus latihan dari sekarang untuk tidak mengucapkan kata-kata kotor/jorok/sembrono dimanapun. Karena nantinya pada saat kita berada di gunung, kita harus menjaga omongan, sikap dan pikiran kita.
  3. Harus bisa jaga diri sendiri pada saat berada di alam. Butuh persiapan yang matang dan bawa makanan yang cukup, karena di alam itu dingin banget seperti di Freezer kulkas super duper dingin.

Dan setelah foto bersama, adik-adik pamit pulang dengan cium tangan Mas Olo, (beuh rasanya luar biasa loh..suwerr..hehehehhe), Mas Olo beberes tenda dan peralatan lainnya, dan cus pulang.

Camping Ceria di Campung Cumur (Kampung Sumur Maksudnya..hee)
Yuk kita foto..foto…foto…

Akhir kata, Mas Olo dan Mba Olo mengucapkan banyak terima kasih kepada brader Max dan para relawan Rumah Budaya Mandiri sudah diberikan kesempatan untuk berbagi mengenai kegiatan pendakian bersama adik-adik disana. Semoga apapun yang kita lakukan bersama mengenai bangun tenda dan masak memasak sekaligus bercerita mampu menginspirasi dan memberikan mimpi bagi adik-adik di sana.

Camping Ceria di Campung Cumur (Kampung Sumur Maksudnya..hee)
Salam Pendaki… Salam Lestari

 

Salam Inspirasi,

Sesuap Nasi

Mas_Olo

Berbagi dalam kesederhanaan, Bercerita dalam kegembiraan, Menyelami sebuah Inspirasi.

2 thoughts on “Camping Ceria di Campung Cumur (Kampung Sumur Maksudnya..hee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *