Teman Traveling Terbaik

“Teman traveling terbaik adalah keluarga..”

Sejauh apapun kita melangkah, sesering apapun kita berpetualang, kita akan selalu rindu yang namanya rumah. Kenapa? Jawabannya sederhana,karena di rumah selalu ada sosok tercinta yang selalu menunggu di sana. Ia bernama keluarga, ia bersama dengan kita, ia akan selalu menunggu dengan setia.

Tulisan kali ini terinspirasi dari salah satu travel blogger favourit saya yang bernama mas tekno bolang. Di salah satu postingannya di blognya di http://lostpacker.com mas olo membaca tulisan mengenai siapa teman perjalanan terbaik menurut versi mas tekno bolang. Di situ ditulis dari semua teman perjalanan yang pernah menemani mas bolang, satu yang paling berkesan adalah mbok Jas, siapakah beliau? Tiada lain dan tiada bukan adalah sosok yang dianggap keluarga oleh mas bolang.

Agaknya mas olo sedikit tersentil dengan tulisan tersebut, karena seringkali justru traveling adalah cara mas olo untuk berlarian dan kabur dari yang namanya rutinitas dan rumah. Kabur dari rumah dengan kata lain adalah lari sejenak dari keluarga yang kadang bikin marah, ilfil, bikin kesel dan segala hal yang terkandung di dalamnya. Traveling menjadi alasan jitu saat kadang sedang jenuh di rumah yang isinya papa atau mama yang lagi marah, ngedumel atau bawel. Traveling menjadi obat untuk menghilangkan kekesalan terhadap segala aturan macam-macam yang ada di rumah. Hmmmm… bahkan salah satu alasan mas olo sering traveling ke alam, naik-naik gunung melewati lembah adalah bentuk Rebelion dari aturan keluarga jawa kuno yang engga melepaskan anaknya yang sudah mentas untuk mandiri dan mencari impian serta keinginannya sendiri.

Teman traveling terbaik
Mama dan Papa yang kadang suka ngebelin tapi ngangenin…hehhe..

Terus, pernah ga mas olo jalan-jalan bareng keluarga? Pernah banget, sering malahan dan kadang malesin. Entah jalan-jalan ke hutan beton dan mall sekitar untuk mencari santap siang, sampai jalan-jalan ke tempat-tempat wisata menarik di sekitaran kampong halaman juga pernah mas olo lakukan bersama dengan keluarga.Tapi entah kenapa rasanya selalu berbeda jika kita traveling sendirian atau bareng teman-teman traveling. Traveling bareng keluarga itu kok rasanya kek lawas gitu yah, seperti jaman tamasya di kala SD, mengunjungi  museum dan anjungandi taman mini, gelaran di tiker ala-ala jadul dan sedikit ngobrol..hhmmm.. kebayang kan ga enaknya, apalagi ditambah kalau ke gep temen segenk atau seangkatan yang lagi jalan berdua pacarnya, rasanya langsung kek pengen ngumpet ke toilet terdekat karena malu. Well, I don’t know why, tapi rasa itu selalu datang saat tamasya bareng keluarga.

Semua hal buruk mengenai traveling bareng keluarga itu ternyata semua hanya sebatas sudut pandang kita saja yah. Keseringan solo travel atau berpetualang bareng kawan-kawan justru membuat mas olo jadi ingin jalan bareng keluarga. Bukan karena pingin menikmati sensasinya saja, tapi lebih kepada ingin merasakan kebersamaan kembali dan menikmati rasa bahagia bersama-sama. Kadang mas olo merasa terlalu egois, disaat mas olo bisa bebas berpetualang ke gunung, pantai, lembah, atau bahkan hutan tropis sekalipun, tapi di lain sisi, keluarga mas olo hanya bisa menikmati akhir pekan di rumah saja, menonton layar kaca penuh telenovela karena nggak ada yang ngajak mereka dan nyupirin mereka jalan-jalan, yah minimal ke Taman Mini lah, atau maksimal ke Puncak, Bogor atau Bandung.

Jadi berasa egois kalau traveling sendirian…

Thanks to blogger favourit mas olo, mas olo jadi mengerti arti perjalanan sesungguhnya. Bahwa perjalanan itu bukan hanya membuat diri senang saja,bukan hanya sekedar pelarian saja, bukan hanya sekedar menemukan diri saja. Tapi sejatinya perjalanan itu adalah bagaimana kita melihat dunia, mengajak dunia itu ikut tertawa, larut bersama kebahagiaan dunia, dimulai dari dunia kita yang terkecil lebih dahulu, yaitu keluarga kita sendiri.

Teman traveling terbaik
Serunya traveling bareng keluarga

 

Teman traveling terbaik
Makan Malam bareng keluaga puancen uenakk pooll…

 

Teman traveling terbaik
Teman traveling terbaik adalah keluarga

“Sudahkah kita membahagiakan keluarga, sudahkah kita mengajak mereka melihat dunia?”

Salam Inspirasi,

Mas_Olo

Mas_Olo

Berbagi dalam kesederhanaan, Bercerita dalam kegembiraan, Menyelami sebuah Inspirasi.

2 thoughts on “Teman Traveling Terbaik

  • June 27, 2017 at 6:27 am
    Permalink

    Sekali-sekali jelajahi seluruh pulau kalimantan bang

    Reply
    • June 27, 2017 at 1:00 pm
      Permalink

      Pengen banget bang, belum ada kesempatan ajah… kapan kapan mampir dah kesana…

      salam Inspirasi

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *