Fotografi Portrait: Antara Ekspresi dan Seni

“Karena ekspresi adalah segalanya…”

Mas_Olo

Apa yang menarik dari wajah seorang manusia ketika bersentuhan dengan alam? Yap, ekspresinya. Ada pancaran pesona yang tergambar dari raut wajah seseorang ketika melihat, menatap atau sedang berada di lingkungan tertentu. Ekspresi adalah gambaran natural dari wajah yang dapat diabadikan menjadi sebuah lukisan maupun sebuah foto. Dan uniknya, ekpresi setiap orang berbeda-beda, entah itu dari lekuk wajah, dari tatapan mata maupun gerah tubuhnya.

Fotografi Portrait: Antara Ekspresi Seni
Ekspresi…

Seorang fotografer yang baik harusnya mampu membawa pesan dalam setiap momen yang diabadikan melalui mata lensa. Sejujurnya, momen menangkap ekspresi seseorang adalah hal yang cukup susah dan langka. Selain dibutuhkan kepekaan dalam melihat setiap ekspresi yang terpancar, kejelian mata dan kecepatan lensa kamera harus mutlak dipenuhi, karena pada dasarnya ekspresi tidak bisa tepat diulang untuk kedua kali. Ekspresi itu barang langka yang hitungannya adalah sepersekian detik saja.

Dalam fotografi ada istilah fotografi portrait. Dari literature yang mas Olo baca, Portrait itu bisa berarti ekspresif. Tujuan utama dari fotografi portrait adalah mengabadikan momen dari seorang manusia dengan berbagai ekspresi yang terbentuk karena lingkungan di sekitarnya. Banyak yang bilang fotografi portrait itu bisa juga diartikan sebagai fotografi model, karena akan ada model manusia di dalamnya dengan berbagai ekspresi dan gaya. Mungkin yang membedakan adalah ekspresinya kali yah, naturalkah atau berdasarkan pesanan si empunya foto.

Untuk tujuan itulah mas olo coba berkespresi dan belajar mengenai fotografi portrait, mencoba menangkap ekspresi yang ada, mencoba mengungkapkan pesan yang ada di dalamnya. Nah berhubung mas olo ga punya kenalan model, ga pernah ikutan hunting bareng foto model, ditambah bakalan dimarain pacar kalau jepretan model cantik bin seksi ada di kamera mas olo, ya sudahlah, pacar saja yang dijadikan modelnya, hahahahha… dan ternyata dia mau euy, siap jepret lah kalau begitu.

Fotografi Portrait: Antara Ekspresi Seni
Semanis gulali, semanis ekspresi…
Fotografi Portrait: Antara Ekspresi Seni
Lirikannya itu loh.. iyah mba, ga minta kok suwerr…

Dari berbagai foto yang dihasilkan, ternyata aliran fotografi jenis portrait ini cukup menantang. Selain harus jeli menangkap moment yang langka, agaknya si fotografer portrait ini harus sedikit bereksplorasi dengan memadukan antara unsur lingkungan dan ekpresi sang manusia, sehingga hasil yang didapatkan adalah hasil yang sangat natural, ekspresi sesungguhnya, tanpa arahan tertentu, seni yang sesungguhnya. Tantangan lainnya adalah sudah tentu si pacar yang bakalan riweh dan sewot kalau kita foto kelamaan dan harus menahan gaya atau ekspresi yang itu-itu saja, ditambah properti gulali yang berhamburan diterpa angin membuat lengket-lengket, sabar yah bu..hehehhe.. Oh iyah, saat kita lagi jeprat jepret, ada berkah dari semesta, tanpa disangka semesta memberikan sedikit cahaya matahari yang merembes masuk melalui celah pepohonan, nama kerennya adalah ROL alias Ray Of Light… Thanks semesta….

Fotografi Portrait: Antara Ekspresi Seni
Enaknya, sampai monyong begitu mba..hehhe..

Nah bagi yang penasaran untuk mencoba ilmu baru, portrait fotografi ini, yuk kemon ambil kameramu, tentukan lokasinya dan minta bantuan siapa saja yang terdekat dengan kamu (bisa pacar, anak, istri, suami, kakak, adik, teman bahkan orang tua). Berkreasi dengan ekspresi, ini menarik lho…

http://sesuapnasi.com/2017/05/15/fotografi-portrait-antara-ekspresi-dan-seni
Two Best Think In This World: Nature and You..

Salam Inspirasi,

Mas_Olo

Mas_Olo

Berbagi dalam kesederhanaan, Bercerita dalam kegembiraan, Menyelami sebuah Inspirasi.

4 thoughts on “Fotografi Portrait: Antara Ekspresi dan Seni

  • May 15, 2017 at 7:17 pm
    Permalink

    yes, ekspresi juga merupaakn salah satu faktor yg menentukan foto itu bagus atau gak.seharusnya kalau di alam tentu ekspresinya hrs terlihat ceria dan cerah

    Reply
    • May 17, 2017 at 2:45 pm
      Permalink

      Hi kak hastira, iyess setuju ekspresi itu berjuta makna yah… lagi latihan nih ambil gambar dengan ekspresi natural.. salam jepret 🙂

      Reply
  • May 16, 2017 at 5:50 am
    Permalink

    Waduh, kalo menurut gue, portrait itu salah satu seni foto yang paling asik.. Karena sejelek apapun situasinya, kalo orang yang difoto itu fotogenic dan murah senyum, paati jadi bagus hahaha..
    Btw, salam kenal ya! Ditunggu artikel dan foto2 berikutnya! 😀 Mampir balik jg bila berkenan!

    Salam, jevonlevin.com

    Reply
    • May 17, 2017 at 2:46 pm
      Permalink

      Loha Mas bro, iyah bener banget unik bin asyik sih, makanya ini mulai belajar portrait… Salam kenal juga yap, sip akan segera mampir balik… Salam Jepret…

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *