Diecast Fotografi: Seni unik dunia mini

“Ada hal cukup bisa dinikmati dengan mata telanjang saja, ada hal yang harus diabadikan dengan mata lensa.”

Mas_Olo

Traveling dan fotografi memang tidak bisa dipisahkan. Kita pergi ke suatu tempat, menangkap keindahan dan momen, langsung bersegera mengabadikannya melalui mata lensa. Perjalanan akan terasa sempurna jika ada kenangan berbentuk yang bisa kita bawa pulang dan bahkan bisa membawa kita kembali ke waktu dan tempat tersebut.

Travelling dan fotografi, dua hal yang tidak bisa dipisahkan.

Banyak hal yang bisa kita abadikan dalam perjalanan kita, mulai dari view landscape yang tersaji di depan kita, interaksi nyata dari orang-orang di sekeliling kita, kebudayaan yang unik dari tempat yang kita kunjungi, makanan dan teknik penyajian makanan tersebut, sampai aktivitas kita seharian baik melalui selfi maupun saat minta tolong orang menjepretkan kamera untuk kita.

Nah ada satu ide unik nih yang bisa membedakan foto perjalanan kita dengan yang umumnya ada di media sosial. Foto dengan benda-benda kesayangan kita atau buku kesayangan atau dengan mainan. Hah mainan? Emangnya anak kecil? Masa jalan-jalan kudu bawa mainan sih… ndessoo…hehehe… Eits ini bukan sembarang mainan, mainan ini bisa fotogenik banget bahkan instagram-able jika dipadukan dengan sudut dan teknik yang baik, serta background yang apik. Namanya adalah diecast fotografi. Nah lho mainan macam apakah itu???

Inspirasi Sesuap nasi
Mau jalan kemana kita?

Diecast fotografi sendiri merupakan cabang dari toy fotografi. Yap, cabang fotografi dimana para seniman foto berupaya membuat sebuah mainan menjadi hidup ketika masuk ke dalam frame foto. Berbagai upaya kerap dilakukan sehingga mainan itu seakan-akan menyatu dengan lingkungannya dan indah di pandang. Nah untuk diecast fotografi, objek foto yang akan dibidik adalah  mobil – mobilan atau miniatur mobil.

Inspirasi Sesuap Nasi
Yah ujan… sedih nih ga bisa travelling…

Mas olo termotivasi untuk mencoba seni ini karena seniman fotografi yang bernama Kim Leuenberger. Ditangannya, sebuah miniatur (diecast) berubah menjadi karya seni nan cantik berkat jepretan kamera sang fotografer. Karyanya keren-keren dan mendunia lho, kalau ga percaya coba cek nih karya-karyanya di bawah ini.

Inspirasi Sesuap Nasi
Salah satu karya Kim Leuenberger
Inspirasi Sesuap Nasi
Karya lain dari Kim Leuenberger

Karena si Kim itulah, mas olo terinspirasi untuk mencobanya dan tentunya dimulai dari punya miniature mobilnya terlebih dahulu. Berhubung mas olo suka yang berjiwa petualang (advanture) maka dibelilah miniature mobil land rover dan ford ala ala advanture gitu (sebelum akhirnya dikasih kado pacar diecast VW Kodok…yihaaa…). Kesempatan untuk melakukan diecast foto datang disetiap mas olo melakukan traveling (walaupun sebenarnya di halaman rumah bisa sih dilakukan), diecast menjadi semacam signature ketika mas olo melakukan perjalanan. Jadi bisa dibilang di setiap perjalan mas olo selalu hadir itu diecast, semacam jadi teman perjalanan juga sih..hehehhe..

Inspirasi Sesuap Nasi
Lets get lost (foto di purwakarta)
Sesuap Nasi
Santai kek di pantai (foto di Pahawang)
Sesuap Nasi
Jangan lupa rem tangan! (Foto di Maribaya-Bandung)

Nah penasaran kan sama diecast, monggo dicoba. Selain bisa menjadi semacam signature, kalian juga bisa melatih kreativitas dan fantasi kalian untuk menggabungkan diecast dan background di sekitarnya. Atau siapa tau nantinya kalian bisa coba membuat ide untuk seperti “mini me” melalui hal ini. Yah siapa tau saja kan yah…hehehhe….

Sesuap Nasi
Iseng-iseng buat “Mini Us”

Salam Inspirasi,

Mas_Olo

Mas_Olo

Berbagi dalam kesederhanaan, Bercerita dalam kegembiraan, Menyelami sebuah Inspirasi.

7 thoughts on “Diecast Fotografi: Seni unik dunia mini

  • April 4, 2017 at 10:51 pm
    Permalink

    O_O fotonya bagus-bagus yah…. aku suka foto VW yang black and white ituh.. keren.
    aku punya banyak lego minifigure, mau coba toy photography ah 😀 hahaha

    Reply
    • April 6, 2017 at 6:06 am
      Permalink

      Nah coba tuh bisa, toy photography enak banget sih, karena kita bisa ngulik berbagai sudut da menciptakan “kehidupan” bagi itu mainan… Salam jepret yap..

      Reply
    • July 12, 2017 at 7:27 am
      Permalink

      wah mantab… semangat menjepret klo begitu…

      Salam Inspirasi

      Reply
  • July 11, 2017 at 4:00 am
    Permalink

    keren gan blog nya, tentang photo photo, cocok nih kalo nanti pergi pergi lagi photonya jadi bagus….

    Reply
    • July 12, 2017 at 7:25 am
      Permalink

      fotografi itu seni yang bisa menghentikan waktu… keren yah…

      Salam Inspirasi 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *