Melipir Sejenak Ke Curug Cibeureum

“Main jangan jauh-jauh, nanti yang ada lupa pulang lagi !!!”

-Kata mamanya Mas_Olo-

***

“Duh gw travelling kemana yak? Yang deket ajah juga ga papa deh!”

  • Buka google,
  • Search: Tempat Keren di Deket Jakarta,
  • FOUND : WISATA CURUG !!!

Hahahhaha… preambulnya gitu amat yak (preambule: Pembukaan). Itu realitas yang sering mas olo rasain pas weekend. Bingung mau kemana, dengan dompet pas-pas-an tapi hasrat untuk travelling menyala-nyala. Pertimbangan deket dan jauh mas olo adalah saat tempat tujuan itu bisa digapai dengan tunggangan andalan yaitu si supra xxx, Cuma sekali ngisi bensin Rp 20 ribu buat pulang pergi..ahhahaha.. irit mode on guys..

Curug Cibeureum
Kalau kesini bisa motoran? Bisa bangett…

Berdasarkan prinsip diatas, maka mas olo selalu bingung kalau mau jalan-jalan dikala weekend. Pinginnya cari yang deket, murah dan terjangkau. Berhubung mas olo kurang suka yang namanya jalan-jalan ke mall, akhirnya dipilihlah model wisata alam yang ada sedikit keringetannya, sekalian juga mengobati rindu naik gunung yang sudah lama banget ga dilakukan.

Destinasi kali ini adalah wisata curug. Yah lagi-lagi bogor sih, abisnya mau gimana lagi, itu yang terjangkau sih..hehhehehe… Nah siap-siap buat yang suka sama wisata curug, saatnya kita basah-basahan di Curug Cibeureum.

Curug Cibeureum

Curug cibeureum adalah salah satu wisata alam yang terletak di bawah kaki Gunung Gede Pangrongo sehingga masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango. Jadi jika Anda yang hendak mendaki Gede Pangrango melalui jalur Cibodas pasti melalui jalur menuju Curug Cibeureum ini. Oh iyah bagi yang masih bingung, curug itu bahasa sunda yang artinya air terjun. Salah satu keistimewaan dari curug ini adalah treknya yang cukup menantang dan pemandangan alamnya yang super indah. Sepanjang jalan pastinya tidak akan berhenti berkata “WOW!!” ketika menuju kesana.

Curug Cibeurem
Rute Menuju Curug Cibeureum

Buat yang bakalan nanya jauh atau tidaknya nanjak ke situ, mas olo udah ngukurin nih. Jarak tempuhnya adalah 2.7 Km dari pos tiket atau sekitar 45 menit – 1 jam dengan jalan santai (inget, jalan santai yah… Bukan jalan, berenti,makan, jalan lagi, repeat 10x). Medan yang menanjak dengan undakan bebatuan dikelilingi hutan yang lebat merupakan daya tarik tersendiri dari Curug Cibeureum ini. Jangan heran kalau kalian akan menemukan pemandangan berbagai jenis burung dan kera yang bergelantungan. Oh iyah, konon dulu katanya ada salah satu jalur yang jadi jalur melintasnya macan kumbang di hutan ini, tapi tenang ajah itu dulu, sekarang sih jarang terdengar kabar ada penampakan macan itu. Macannya malu ketemu orang lalu lalang nampaknya..hehehhe…

Curug Cibeureum
Jalur Pengamatan Burung? hah?

Jalur/trek yang akan kita lalui menuju curug ini adalah jalur resmi pendakian ke Gunung Gede Pangrango. Makanya jangan heran kalau kita kesini bakalan ketemu sama om-om (dan ada tante tentunya) yang nanjak menggunakan tas yang besar-besar (istilahnya keril).

Mirip di Film Jurassic Park

Yang menarik perhatian mas olo adalah ada satu jalan dimana kita akan melewati semacan jalan beton yang sengaja dibuat agak diatas dari jalan tanah untuk memudahkan para pengunjung melintas (ga usah pake becek-becekan lagi). Jalur ini juga dibuat untuk melindungi tanah dan tanaman yang ada di bawahnya supaya kelestarian alam tetap terjaga disini. Nah pemandangan Gunung Gede yang tampak di depan mata  akan membuat kita berdecak kagum sembari berkata “WOW!!!”. Jadi keinget film jurasic park dimana ada adegan pemera utama melintasi jalur seperti ini, trus tiba-tiba ada raptor yang menerkam…hahahaha… imajinasi…

Curug Cibeureum
Tuh kan, mirip di FIlm Jurassic Kan… Awas ada RAPTOR!!!
Curug Cibeurem
Narsis dikit lah… Sebelum ada RAPTOR…hahahha

Basah-basahan di Curug Cibeureum

Nah ini dia yang ditunggu-tunggu, air terjun cibeureum. Cukup deras alirannya dan tinggi. Airnya super dingin. Oh iyah monggo saja kalau mau mandi atau nyemplung dibawahnya, tapi tetap ingat untuk menjaga keselamatan diri sendiri yah. Jangan sampai nanti keasyikan berenang atau nyemplung eh yang ada ga sadar kalau ada bahaya mengintai.  Curug Cibeureum sendiri sebenarnya terdiri dari tiga air terjun, yaitu Curug Cibeureum yang menjadi air terjun utama dan dua air terjun lainnya bernama Curug Cidendeng dan Curug Cikundul. Jadi setelah melihat air terjun utamanya, jangan berhenti explore, karena masih ada air terjun di sekitarnya yang “ngumpet” dan menanti untuk ditemukan. Wow banget deh pokoknya!

Curug Cibeureum
Ini Curug Utamanya…
Curug Cibeurem
Curug yang “Ngumpet” persis di sebelah curug utamanya
Curug Cibeureum
Nah ini Curug yang lebih “Ngumpet” Lagi.. letaknya di pojokan gitu..
Kita Kemon…

Oh iyah nih guys, karena curug ini termasuk kawasan taman nasional, jangan heran di setiap perjalanan akan ada ranger yang selalu mengingatkan untuk tidak buang sampah sembarangan. Selain itu, ranger/sukarelawan akan mengingatkan jikalau waktu sudah mau menjelang mahgrib. Disarankan para pengunjung diharuskan sudah turun jam 4-5 sore. Kok gitu? Iyah guys, untuk menjaga keselamatan kita juga, karena menjelang maghrib dan malam, kondisi trek akan menjadi super gelap (namanya malam kan yah gelap yah), ditambah juga untuk menghindari bahaya lain yang bisa datang tiba-tiba seperti hewan-hewan, atau makhluk lain yang ada di hutan itu (you know what I mean kan..heehe..). Jadi jangan marah yah kalau diingatkan oleh para ranger disitu, tujuan mereka baik kok, demi keselamatan kita juga.

Curug Cibeureum
Kalau ke kiri lanjut nanjak ke Gunung Gede-Pangrango

Jadi, bagi yang weekend ini ga kemana-mana, silahkan melipir ke Curug Cibeureum. Jangan lupa bawa baju ganti dan minuman/makanan secukupnya. Dan plis jangan buang sampah sembarangan yah guys, kita jaga keindahan alam agar tetap lestari. Sampahnya dibuang di tempat sampah yang disediakan, atau lebih bagus dimasukin tas dan dibawa turun sendiri, bgitu di bawah nemu tempat sampah baru dibuang disitu. Setujuh???

Nah ini mas olo bagikan tips sederhana kalau ke Curug Cibeurem:

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke wisata Curug Cibeureum adalah di hari biasa (senin-jumat) lebih sepi
  • Datanglah di pagi hari agar kamu bisa lebih puas berkeliling di kawasan wisata.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan ya.
  • Persiapkan fisikmu untuk berjalan kaki selama kurang lebih 1 jam dengan jalur setapak ya.
  • Jangan lupa gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor.
  • Boleh bawa pacar/pasangan tapi pliss Behave yak kawan. Selain ada alam yang harus dihargai, ada juga banyak jomblo-jomblo yang harus dijaga perasaanya…hehehhehe….
  • Oh iyah HTM-nya hanya 20 Ribu rupiah saja per orang (kalau belum naik karena inflasi…)

 

Curug Cibeureum
Salam Inspirasi, Salam petualangan.

EPILOG

Kringgg…..kringgg….kringgggg….. Telepon berdering. Tulisannya: “MAMAKE”

“OLOOOOO….. PULAANG!!! UDAH MALEMM!!!”

“Iyeee nyaak…iyeeeh!!!”

Salam Inspirasi,

Mas_Olo

Mas_Olo

Berbagi dalam kesederhanaan, Bercerita dalam kegembiraan, Menyelami sebuah Inspirasi.

2 thoughts on “Melipir Sejenak Ke Curug Cibeureum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *