6 Tempat Yang Wajib Didoain di Korea Selatan

“Letak mimpi itu biasanya hanya 5 cm dari hadapan kita,

bergantung seberapa sering kita berlutut untuk mendapatkanya.”

-Mas_Olo-

Siapa yang sedang bermimpi supaya bisa jalan-jalan ke korea? Nah kudu banyak-banyak berlutut tuh (berdoa), karena biasanya doa orang yang benar dijawab Tuhan…hehhe.. nah biar doanya spesifik, nih mas olo kasih tau tempat-tempat wajib kunjung yang ada di korea selatan, yah biar isi doanya bisa spesifik gitu (contoh: Tuhan, aku mau ke Petite France donk, Tuhan aku mau ke Nami island donk, Tuhan aku mau ketemu lee min hoo donk…hehehhe..).

Berikut adalah tempat-tempat wajib kunjung yang ada di korea selatan (harap dicatat dan didoakan yap…)

La petite France

Eh ini ke perancis apa ke korea sih, kenapa ada France-nya gitu.. Salah topic kali ini, sorakin mas olo..huuuu…. Eitsss, tenang..tenang..tenang… ga salah kok serius, tempat ini ada di korea selatan, dan memang kalau  dibaca dari namanya, tempat ini dibuat sedemikian rupa agar seakan-akan berada di perancis.

Tempat Pertama Wajib Kunjung di Korea Selatan

Tempat ini dipenuhi dengan bangunan-bangunan eksotis ini berada di sisi bukit. Dari penampilan sekilasnya, orang-orang akan berfikir bahwa tempat ini mirip dengan sebuah kota di Pantai Mediterania atau daerah pedesaan di Piedmont Alpen. Tempat ini disebut sebagai Petite France, sebuah desa budaya yang terletak di pedesaan Korea. Seperti namanya, tempat ini menggambarkan Perancis mini (petit = kecil). Petite France ini berfungsi sebagai desa budaya Perancis dan sekaligus sebagai pusat pelatihan pemuda (Pusat Pelatihan Pemuda Goseong).

Ciamik kan

Di tempat ini kamu bakalan diajak untuk menikmati kebudayan perancis, mulai dari gaya arsitekturnya, ruangan-ruangan yang dijadikan beberapa museum, sampai ke mini theaternya yang sesekali waktu ditampilkan pertunjukan boneka ala perancis. Dijamin seperti berada di perancis tapi di korea. Sekali dayung dua negara kan dapet….hehhe….

Sebuah miniatur kota Perancis di Korea Selatan

Nah Untuk biaya masuknya, apabila masuk secara individu:

  • Dewasa       : Rp 63.500,00
  • Remaja       : Rp 47.500,00(usia 13 – 18 tahun)
  • Anak-anak : Rp 40.000,00  (usia 4 – 12 tahun)

 

Nami Island

Siapa pencinta drama korea alias drakor hayooo… sudah pasti paham dan familiar yah dengan nama tempat ini. Yap Nami island, tempat teromantis seantero korea katanya, dimana bukan cuma muda-mudi saja yang berlomba-lomba datang kesini, tapi kakek nenek, opung-opung, bahkan simbah-simbah kepengen dateng ke sini. Konon katanya selain romantis, tempat ini bisa membangkitkan api asmara lagi katanya..hehhehe… apalagi kalo liat jejeran pohon-pohon ciamik tempat si pemeran utama drama korea berjudul “Winter Sonata” berciuman mesra, aduhaaaiii….

Pintu Masuk Nami Island
Nenen donk mak…nenen…

 

Ciyeh…ciyeh..ciyehh…ciyeh
Tempat Shootingnya WInter Soneta.. eh Sonata…

Tapi siapa sangka, dibalik keromantisan pulau itu ternyata awalnya didedikasikan untuk seorang jendral yang dianggap berjasa bagi masyarakat Korea Selatan. Jendral yang sudah mencapai masa kejayaannya di usia muda. Nah Si Jendral ini juga dikuburin di pulau ini. Jendral itu bernama Nami.. hiii serem kan kalau tau sejarahnya, ga heran kalian bakalan denger suara-suara gagak yang bertebangan di atas pulau tersebut. Yah romantis-romantis gimana gitu..hehhe…

Ini Prasastinya…

Ada dua cara untuk bisa masuk ke Nami Island dari Gapyengong Wharf. Yang pertama bisa dengan kapal ferry, sedangkan yang kedua bisa pakai Zip Ware alias Flying fox yang langsung mendarat di Nami Island. Nah berhubung harga Zip Ware cukup muahaal (kurang lebih 38.000 Won), maka disarankan naik kapal Ferry saja yang harganya lumayan terjangkau yaitu 8000 won per orang untuk turis (sudah termasuk tiket masuk Nami Island).

Welcome To Nami Island

Oh iyah, sebelum masuk ke Nami Island, kamu kudu wajib coba makan ayam BBQ yang ada di sini. Letaknya ga jauh dari parkiran bus. Rasanya nikmat bin maknyuss… Dan cara makannya ituh loh yang agak ribet, daging ayam diletakin di selembar daun selada, dikasih cabe, dikasih kimchi, diolesih bumbu ditambah satu suing bawang putih plus nasi. Ribet kan, mending makan ala lalapan sunda wae lah, nasi + ayam BBQ + daun selada..hahhaha…

Tuh Kan enak… yummy
Ini makanan paling enak di Korea

 

Mt. Sorak

Kalau kamu dateng ke sebuah tempat, yang kiri kanannya disuguhi pemandangan bukit dan gunung, ditambah nemuin patung beruang besar, itulah Mt.Sorak. Tempat ini sudah diresmikan menjadi National Park – nya korea selatan. Tenang, kamu ga perlu perlengkapan naik gunung yang expert untuk bisa mendaki ke sini, karena pihak pengelola sudah menyiapkan cable car untuk kita bisa sampai ke puncaknya (yah walaupun untuk ke puncak pass-nya tetep harus nanjak sedikit sih).

Ini Khasnya… Beruang…

Selain pemandangan ala-ala gunung yang keren abis di puncaknya, di tempat ini juga ada beberapa patung Buddha yang cukup besar. Karena selain sebagai tempat wisata, bagi masyarakat korea selatan, tempat ini juga dijadikan tempat untuk berdoa. Disediakan juga beras dan dupa untuk sembahyang disana.

View dari Puncak Mt.Sorak
Mas Olo berpose nih.. kangen gunung ceritanya…

 

Untuk masuk ke Mt.Sorak ini, turis dikenakan biaya 3500 won per orangnya. Untuk naik cable car-nya sendiri dihargai 9000 won, cukup mahal sih tapi worthed jika dibandingkan harus wall climbing ke atasnya kan yah..hehhe….

Kudu Naik kereta Gantung untuk ke atas

 

Vivaldi Sky Resort

Ini dia yang ditunggu-tunggu sama mas olo. Dikarenakan dijanjikan sebelum berangkat bakalan ngeliat salju, ma solo jadi penasaran banget banget sama yang namanya salju. Yah agak kampong sih, tapi emang sedari berojol sampe sekarang beloman pernah liat salju. Palingan pernah liat es potong sama es doger doank yang kayak ke-salju-salju-an..hahahha… Nah berhubung pas ma solo kesana musim dinginnya sudah berakhir (walaupun suhunya masih ngeri-ngeri sedap sih), jadinya ga ada salju turun atau gumpalan salju yang bisa mas olo mainin gitu deh.

Nah kalau mau main salju-saljuan disinilah tempatnya. Bukan Cuma main salju, tapi juga bisa main seki brog, seki.. Itu loh kita bisa meluncur selow turun diantara salju macam di film-film action gituh. Saking kesenengannya mas olo main seki, jatuh beberapa kalipun ga dirasa, yang penting happy..hehhe..

Vivaldi park
Gegayaan banget mas olo maen sekinya.. ajib kan..hahahha

Nah untuk bisa maen seki disini, ada beberapa hal dan biaya yang harus kamu perhatikan nih guys. Diantaranya:

  1. Tiket untuk menyewa papan snowboard (KRW55,000: Pagi & Malam)
  2. Pakaian Ski disewakan dengan harga KRW17,000
  3. Sarung tangan harus dibeli oleh pengunjung (tidak disewakan) mulai dari KRW10,000-KRW100,000
  4. Tas tangan atau barang-barang milik pribadi bisa disimpan di lockers (menggunakan uang logam).

Museum Nasional Rakyat Korea

Datang ke sebuah Negara hal yang kudu wajib kita lakukan adalah belajar mengenai sejarah dan kebudayaan Negara tersebut. Untuk bisa tau dan paham kebudayaan di korea selatan, museum ini harus masuk list wajib kunjung. Letaknya ada di halaman Istana GyeongbokSeoulKorea Selatan. Museum ini mengkoleksi sebanyak 2.240 artefak dan alat-alat yang digunakan oleh masyarakat Korea pada masa lalu sampai sekarang.

Mas Olo lagi dengerin bunyi alat musik tradisional Korea Selatan

Oh iyah, jangan lupa berfoto di depan Istana Gyeongbok juga yah yang konon katanya dahulu pada masa korea selatan masih menganut monarki/kerajaan dipakai sebagai pusat pemerintahan alias tempat tinggal raja dan para permaisurinya (plus selirnya juga sih..hehhe..raja gituh lho). Oh iyah menurut sejarahnya, istana ini pernah terbakar 3 kali lho. Salah satu akibatnya ternyata dibakar oleh rakyatnya sendiri yang tidak puas dengan pemerintahan rajanya.. semacam demo ala jaman-jaman monarki yak..ngerii…

Ini dia nih iconnya…

Belanja di Dongdaemun atau Myeongdong

Yah bagi yang demen wisata belaja, kedua tempat ini wajib banget dikunjungi. Kalau diperbandingkan sih bisa lebih murah dongdaemun, ibarat semacam pasar senennya Jakarta kali yah (atau ITC CEMAS). Nah klo di myeongdong lebih mahal dan barang-barang branded gitu sih. Cuma kalau nyari jajanan kuliner malam ala korea, Myondong adalah tempatnya. Bagus dan ciamik deh. Oh iyah bagi yang mau kasih oleh-oleh buat orang tercinta di rumah, disarankan beli kaos kaki ajah. Karena selain kualitasnya bagus dan lucu-lucu barangnya, harganya murah cuy cuma 1000 Won alias 12.000 rupiah (eh jadi ketauan deh harga oleh-olehnya…..hehehhe…)

Nih kaos Kakinya, lucu-lucu kan…

Nah itulah tempat yang wajib didoain di Korea selatan. Kenapa didoain mas olo? Yah supaya bisa kesampean kesana donk..hehehhe… inga inga, mimpi itu cuma sejauh mana kamu giat berdoa lho..hehhehe Tuhan pasti kabulkan Somehow.

Gaya dulu ahh sedikit…

Ps: Oh iyah ada satu tempat menarik lagi di Korea Selatan, itu tuh yang di gambar paling atas (yang ada gembok-gemboknya..) ada yang tau itu dimana yah?

Salam Inspirasi,

Mas_Olo

 

Mas_Olo

Berbagi dalam kesederhanaan, Bercerita dalam kegembiraan, Menyelami sebuah Inspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *