Ekuator, Melihat Potensi Brand Lokal..

Haahhh.. Ekuator? khatulistiwa maksudnya? Apaan dah tuh?

Yihaaa, berpetualang kemana lagi kita? Dah kangen jalan-jalan nih sepertinya. Weits, kali ini jalan-jalan kita bukan ke gunung ataupun ke pantai. Bukan juga berpetualang melewati kota dan hutan menggunakan motor alias Touring. Kali ini kita akan menjelajah di Kota Jakarta, lebih tepatnya di dalam sebuah pameran di Kementrian Perindustrian yang bertemakan Local Brand.

Jiaaahhh, apa enaknya menjelajah ke situ, Mana Serunyaaaa !!!!!

Wah ini nih, jangan langsung bilang ga enak dulu bro-sis, awalnya juga gw pikir mana enak jalan-jalan di pameran, yang ada malahan cape. Nah yang sulit adalah kalau kepengen barang-barang yang lagi dipamerkan, apalagi harganya mahal, apalagi pas ga ada duit, dan apalagi kalau mupeng banget..hahha.. Tapi pameran kali ini berbeda lho, karena pameran yang digelar oleh kementrian perindustrian ini memang digelar dengan tujuan untuk memperkenalkan brand-brand lokal ala Indonesia, dan juga untuk menumbuhkan kecintaan kita pada brand lokal. Nah fokus pamerannya adalah di Industri Sepatu, selain itu juga ada pameran fotografinya lho.. yuk ahh diintip…

Pameran Local Brand
Pameran Local Brand

Coba Sebutkan brand lokal Indonesia yang terkenal dengan sepatunya!!! BRodooooo… Brooo to the doo.. Brodo! Weitss pada jago, lumayan terkenal juga yah brand lokal sepatu yang berasal dari Bandung ini. Sudah cukup akrab di telinga para pencinta sepatu kulit, kualitas bagus, harga terjangkau dan brand lokal pula. Tapi jangan salah bro-sis, brand lokal sepatu kulit ternyata buanyak lho, saking banyaknya sampai-sampai kita ga bakalan tau kalau gw sebutin salah satu namanya, Sparrow? Ekuator? Ada yang tau?

Apa bro, Ekuator? baru denger banget gw tuh brand. Apaan sih?

Yap.. pameran brand lokal sepatu ini memang ditujukan untuk memperkenalkan brand lokal yang bernama EKUATOR. Brand ini bisa lahir karena binaan dari BPIPI yang adalah Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia, dimana  melalui brand ini diharapkan Indonesia bisa mencuat diantara nama brand-brand premium sepatu dunia. Filosofi dari Brand Ekuator adalah Journey of Achiever dimana selalu ada cerita dibalik sebuat perjalanan sukses, ada suka ada duka, ada kegagalan dan ada keberhasilan. Semuanya itu tak lepas atas produktivitas yang tak henti. Tagline ini mencerminkan integritas dari Brand Ekuator, dimana dibuat sebagai gairah dari Sepatu Ekuator untuk mencapai cita-cita yang tinggi.

Brand Ekuator
Brand Ekuator

Nama Ekuator sendiri sudahlah tak asing di telinga kita, adalah garis khayal yang membagi bumi menjadi dua bagian, utara dan selatan. Kita menyebutnya Khatulistiwa. Memiliki cirri khas hangat, tingkat keanekaragaman hayati yang tingi, nyaman untuk ditinggali serta memiliki tanah yang subur. Diharapkan dengan nama ini bisa memenuhi kebutuhan para pria yang memiliki jiwa khatulistiwa.

Ekuator sendiri lahir karena adanya semangat dari kementrian perindsutrian melalui BPIPI untuk mengembangkan brand lokal yang mendunia. BPIPI yang adalah tempat pelatihan khusus bagi para wirausahawan yang ingin mengembangkan industri IKM terutama yang berbahan kulit seperti sepatu, memiliki peranan yang besar terlahirnya Brand Ekuator ini yang nantinya akan diangkat ke kancah internasional dalam berbagai kesempatan. Olo sempat berbincang dengan salah satu pengurus BPIPI, tadinya naman yang ingin dipilih adalah Komodo, tapi yah karena Brand/Nama komodo sudah terlanjur dipatenkan oleh Negara lain, jadilah mereka memilih nama Ekuator ini. Yang unik dari Brand Ekuator ini adalah, untuk setiap produknya dinamai dengan nama-nama pulau/tempat yang ada di Indonesia, sebagai contoh ada produk yang bernama Java, Sumatera, Bali, Madura, Celebes, Papua dan Borneo. Bocorannya nih, setelah brand Ekuator ini bakalan ada 2 brand yang akan menyusul lagi di launching dibawah naungan BPIPI salah satunya bernama krakatoa (sstt… ini masih rahasia yah..hehe).

Salah Satu Foto pameran
Salah Satu Foto pameran

Bagian paling seru dari perjalanan olo di pameran lokal brand kali ini adalah bisa mengenal berbagai macam wirausaha yang mengembangkan produk-produk sepatu. Kreatif-kreatif deh, ada yang dari magetan, ada yang dari solo, ada yang dari Bandung, bahkan ada yang dari merauke (sepatu dari kulit buaya asli..) beuhh.. kan maen kan.

Kenalan dengan berbagai macam Wirausahawan
Kenalan dengan berbagai macam Wirausahawan

Oh iyah, Pameran ini ga akan bosenin kok, karena selain ada stand-stand sepatu merk lokal, ada juga pameran fotografinya lho. Namanya Fotografi sepatu…hhmmm… unik juga..hahha.. Bagus-bagus juga karyanya, ciamik banget deh… Jadi asat punya usul, ternyata pameran ini juga diperkenalkan kepada para wirausahawan tadi untuk membantu teknik promosi brand mereka di social media, ada pelatihan dan seminarnya juga ternyata tadi siang, biar keliatan instagramable gitu loh.

Fotografi Sepatu
Fotografi Sepatu
Jpeg
Fotografi Sepatu

So sekali-sekali berpetualang ke pameran itu menyenangkan juga, ga ngebosenin, banyak yang bisa kita pelajari dan kita banggakan, terutama brand-brand lokal. Nah yuk kunjungi pameran brand-brand lokal di kementrian perindustrian dimulai dari Selasa kemarin 26 Juli sampai Jumat nanti 29 Juli 2016. Kalau bukan kita siapa lagi kan yah yang mau mencintai Produk dan karya anak bangsa sendiri. Jaya Indonesia, Jaya Ekuator, Jaya Produk dalam negeri.

Jpeg
Jpeg

*Pesan sponsor: Cintailah Produk-produk dalam negeri…hehhe..

Salam Inspirasi,

Mas_Olo

Mas_Olo

Berbagi dalam kesederhanaan, Bercerita dalam kegembiraan, Menyelami sebuah Inspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *